Lihat ke Halaman Asli

Best Practise: Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Sosiodrama

Diperbarui: 4 Desember 2022   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) 

 

Lokasi                                     : SMP Negeri 2 Baki

Lingkup Pendidikan               : Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai        :

"Layanan bimbingan kelompok dengan metode Sosiodrama untuk meningkatkan interaksi pergaulan dengan teman sebaya pada kelas VII F SMP Negeri 2 Baki"

Penulis                                    : Ani Wulaningsih, S.Pd.

Tanggal                                   : 4 Desember 2022

Situasi                                                 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa layanan ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Saya Ani Wulaningsih, S.Pd. sebagai Guru BK yang mengajar di SMP Negeri 2 Baki, Kabupaten Sukoharjo pada kelas VII F. Pada saat saya masuk ke salah satu kelas VII F yang terdiri dari 32 siswa, ada beberapa siswa yang sulit berinteraksi dengan temannya. Setelah diobservasi dan wawancara ternyata beberapa siswa tersebut mengalami kesulitan dalam pergaulan dengan temannya. Gejala yang timbul adalah pendiam, jarang ngobrol dengan temannya dan cenderung menghindarinya. Kemudian saya berikan angket untuk mengetahui apakah siswa -- siswa tersebut benar -- benar kurang berinteraksi dengan temannya. Ternyata benar mereka banyak memilih poin -- poin yang menyatakan bahwa siswa -- siswa tersebut memang benar kurang berinteraksi dengan temannya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline