Lihat ke Halaman Asli

Accept The Unexpected

Diperbarui: 5 November 2020   00:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Wajar apabila manusia memiliki rencana. Entah itu untuk esok hari, bulan depan, tahun kemudian, atau untuk jangka yang lebih panjang. Dari susunan angan yang telah dibuat, besar harapan agar tertuang dalam sebuah kejadian. Tetapi, ada kalanya segala yang diinginkan tak melulu sejalan. Akibatnya, rasa kecewa pun seringkali datang.

Hal yang lazim untuk terkejut. Namun, membiarkan penyesalan bertahan lama justru menguras energi hingga akhirnya menyulut emosi. Luangkanlah untuk haru sejenak. Lantas, beri ruang untuknya agar segera lewat. Pikirkan tentang segenap hal baik yang telah, sedang, maupun yang akan terjadi akibat kegagalan yang bertandang.

Dengan menerima hal yang tidak terduga, akan melatih diri kita untuk membuka diri, siap menghadapi, lalu belajar memperbaiki, hingga akhirnya menciptakan solusi. 

Pasalnya, di balik peristiwa, tidak ada yang sia-sia. Jangan lelah untuk menggali liang positif di antara timbunan dilema sebab perlahan tapi pasti, apapun yang terjadi, akan terlewati. 

00.25 - Cosenza, Italia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline