Lihat ke Halaman Asli

Anitaputri

Mahasiswa/Mahasiswi

Dampak Tiktok Shop terhadap Perekonomian Masyarakat

Diperbarui: 19 Oktober 2024   10:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di era yang semakin modern ini teknologi mampu mendorong perekonomian dengan berbagai cara, salah satunya yaitu pada aplikasi TikTok. TikTok merupakan aplikasi jejaring sosial dan platform video musik yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek yang dapat diakses oleh seluruh dunia.  Tiktok menggunakan platform aplikasi untuk berdagang melalui TikTok Shop, dimana fenomena tersebut telah mengubah cara masyarakat dalam berbelanja. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengiklankan atau menjual produk serta membeli produk secara langsung melalui video pendek, menciptakan pengalaman berbelanja yang interaktif dan menarik. Pengguna Tiktok Shop khususnya pada konsumen dapat dengan mudah membeli/order hanya dengan mengisi data diri, alamat, metode pembayaran dan sebagainya tanpa harus keluar rumah untuk melakukan transaksi tersebut. Pengguna Tiktok Shop bukan hanya dari kalangan orang dewasa, namun juga digunakan oleh anak kecil hingga orang tua.

Namun keberadaannya juga menimbulkan tantangan, khususnya bagi UMKM lokal. UMKM seringkali kalah saing dengan adanya ketidaksetaraan harga dan promosi merek-merek besar yang ada di TikTok Shop, sehingga membahayakan keberlangsungan usahanya. Dalam memasarkan produk melalui Tiktok Shop juga terdapat tantangan mengenai keamanan dan keaslian produk. Banyak kasus yang menyatakan bahwa beberapa produk merupakan produk palsu atau terdapat kerusakan produk. Hal ini menjadi waspada bagi konsumen yang cenderung membeli produk dari penjual yang sudah dikenal atau yang memiliki reputasi baik. UMKM yang baru memulai usahanya melalui Tiktok Shop mungkin akan sulit mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Ada beberapa kasus yang menampilkan kerusakan suatu produk ketika dalam proses pengiriman, hal tersebut juga dapat mengurangi minat konsumen untuk berbelanja pada platform tersebut. Untuk mempertahankan dan menjangkau pemasaran yang lebih luas, UMKM dapat mencoba menghadirkan produk baru yang menarik, sehingga mereka dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik lebih banyak konsumen.

Disisi lain berbagai pelaku UMKM juga menyambut baik serta berkolaborasi bersama dalam pemasaran produk dan mempromosikannya. Dengan adanya fitur-fitur inovatif dalam platform ini dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian konsumen dan memperluas pasar. Begitu juga dengan para konsumen yang memiliki banyak pilihan produk, harga, dan kualitas barang yang ditawarkan. Tiktok menawarkan berbagai kategori produk, diantaranya yaitu, fashion, kecantikan, elektronik, makanan dan lain sebagainya. Para konsumen juga dapat mendapatkan rekomendasi produk dari influencer favorit mereka dengan menggunakan fitur live siaran langsung yang memperlihatkan atau merivew produk secara langsung, sehingga konsumen dapat melihat produk secara detail dan langsung membelinya dari halaman toko yang tersedia, sehingga mendapatkan produk sesuai yang di inginkan. Konsumen juga bisa mendapatkan diskon atau promo seperti gratis ongkir dan promo lainnya, sehingga meningkatkan daya tarik pengguna untuk berbelanja di Tiktok Shop.

Pemerintah sempat menutup TikTok Shop untuk melindungi usaha kecil dan menengah, namun juga memicu kontroversi di kalangan masyarakat yang menginginkan kenyamanan berbelanja online. Bagi pelaku bisnis yang mengandalkan platform ini, menimbulkan dampak buruk yang dapat menurunkan jangkauan pasar secara drastis, akibatnya para konsumen beralih ke platform lainnya. Disadari atau tidak, kehadiran TikTok Shop dapat mendorong tumbuhnya UMKM yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat bagi perekonomian negara, dan perekonomian masyarakat jelas berkorelasi dengan kontribusi. Perkembangan teknologi dan ekonomi digital merupakan sebuah kenyataan yang tidak bisa dihindari, namun pemerintah dan pemangku kepentingan harus memastikan bahwa perkembangan ini tidak berdampak negatif terhadap perekonomian kecil, melanggar peraturan, atau mengorbankan produk nasional. Sebagai pendukung ekonomi digital dan pertumbuhan UMKM, pemerintah harus bekerja sama dengan platform e-commerce untuk bersaing secara adil dan beretika. Dalam konteks ekonomi digital Indonesia, TikTok Shop telah muncul sebagai pemeran utama dalam industri e-commerce yang berkembang pesat.  

Kesimpulannya, Tiktok Shop bukanlah dampak yang yang besar bagi perekonomian masyarakat, dengan adanya Tiktok Shop cenderung memunculkan dan menciptakan ide-ide serta inovasi baru yang mampu mengembangkan perekonomian masyarakat. Bahkan menjadi salah satu platform yang banyak digemari oleh semua kalangan, sehingga dapat dikatakan platform ini suskes dalam mengembangka perekonomian. Dengan ketersediaan produk yang berinovasi, kemudahan dalam transaksi, dan beragam harga yang ditawarkan menjadi kenyamanan tersendiri bagi para konsumen.

1. Hanifah Puspita Sari

2. Anita Putri Nadia N.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline