Lihat ke Halaman Asli

Tegur Jika Saya Kurang Ramah & Sopan dalam Pelayanan, Saya Mau Berubah

Diperbarui: 24 Juni 2015   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TegurJikasayakurangramah & sopandalampelayanan, sayamauberubah Tepat jam 08.00 WIB kamiberangkatkekantorpusatTransJakartaKp.RambutansampaidisanakamidilayanidenganbaikolehBapak Abdul KhodirselakuOprasionalBuswayTransJakartaKp.Rambutanyang sudahbekerjaselama 6 tahunatauselamaperusahaanTransJakartaberdiri. KamiberdelapandipersilakanuntukmasukdankemudianmewawancaraiBapak Abdul Khodir .

Tahukah kalian ternyatabuswayTransJakarta yang disingkat TJ bukanmilikpemerintah melainkanpemilikperusahaan yang masing-masingkoridorberbedaperusahaannya. Ada beberapa perusahaan yang mengelola TJ yaitu perusahaan JMT, JTM, Z, dan TB sedangkan pemerintah hanya bekerjasama untuk pelayanan umumnya seperti penggunaan jalan, penerimaan karcis dan peraturan-peraturan lainnya.

Perusahaan TransJakarta sendiri hanya memfasilitasi mobil dan pramudinya saja dengan jumlah pegawai seluruhnya 161 orang dan pramudi ini dibagi dua sift yaitu : 1.sift pagi jam 04.00 – 12.00 WIB 2.sift siang jam 12.00 – 22.00 WIB dansetiappegawaimendapatjatahlibur 1x selama 1 minggu. Perawatanmobildilakukan 2 minggu 1 x sedangkanpengecekandilakukansetiaphari. Gajihpegawa TJ sungguhmenggiurkan 7 juta/ bulannyasampai-sampaiperawat pun kalahJ PelayananTransJakartaatau TJ dari PIN yang setiappegawaipakai yang berbunyiTegurJikasaya kurangramah & sopandalampelayanan, sayamauberubahitutandapelayanan yang merubah kearah yang lebihbaik. Pelayanan TJ sendiriyaitupelayanapembeliankarcismerekamelayanidengansenyuman, kemudian penjagapintubusway yang mempersilahkanpenumpangwanitadudukdidepandanpria dibelakang, kenyamanantempatdudukbagipenyandangcacat, ibuhamildanusialanjutsudah disedikan.

Perusahaan TJ sendirisudahmenyediakanpelayananasuransijikapenumpangmengalami kecelakaansaatmenumpangibuswayyaituasuransijasarahrjadanjamsostekbagipegawainya. Diluarhalte/ koridorsertadalambuswayjugapenumpangdilaranguntukmerokokkarenadapat mengganggukenyamananparapenumpang. Kamimendapatkanjawabandariseorangpenumpangtentangtanggapanpelayanan yang diberikanpramudiBuswayTransJakarta Diabernamaibuelsawargadaerahkramatjati yang akanmenakibuswaykekp.rambutan kamibertanyapadanyaIbubagaimanapelayanandiBuswayTransjakarta?” menurutsayapramudinyasudahbagusramahtetapi yang sayatidaksukahanyatidaktepat waktusajajadimembuatpenumpangseringantripanjang.”ujarnya

Kemudiankami pun menannyakanhal yang dikeluhkanolehpenumpangBusway , tentangbanyak penumpang yang antrimenunggukedatanganbusway. kepadaBapak Abdul Khodirselakuoprasional BuswayTransjakarta. Beliaumenjawabkarenaadafaktor lain yaitubusway TJ yang kadangmogokataupramudinya buangjalurseharunyabusway TJ datangsetiap 5 menitsekaliditiapkoridor., itulah yang membuat penumpangantridanbuswaytidakdatangtepatwaktu.” Dari observasi yang kelompokkamilakukanpelayananBuswayTransJakartamemangsudahbagus apalagisekarangakandibukakarciskartu / jakcardsudahtermasukkatagoripelayananperimalah untukparapramudinyaJ, hanyamasalahketepatanwaktusaja yang membuatmasyarakatantri panjang. SEKIAN DAN TERIMAKASIH :)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline