Lihat ke Halaman Asli

Tegur Jika Saya Kurang Ramah & Sopan dalam Pelayanan, Saya Mau Berubah

Diperbarui: 24 Juni 2015   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TegurJikasayakurangramah & sopandalampelayanan, sayamauberubah Tepat jam 08.00 WIB kamiberangkatkekantorpusatTransJakartaKp.RambutansampaidisanakamidilayanidenganbaikolehBapak Abdul KhodirselakuOprasionalBuswayTransJakartaKp.Rambutanyang sudahbekerjaselama 6 tahunatauselamaperusahaanTransJakartaberdiri. KamiberdelapandipersilakanuntukmasukdankemudianmewawancaraiBapak Abdul Khodir .

Tahukah kalian ternyatabuswayTransJakarta yang disingkat TJ bukanmilikpemerintah melainkanpemilikperusahaan yang masing-masingkoridorberbedaperusahaannya. Ada beberapa perusahaan yang mengelola TJ yaitu perusahaan JMT, JTM, Z, dan TB sedangkan pemerintah hanya bekerjasama untuk pelayanan umumnya seperti penggunaan jalan, penerimaan karcis dan peraturan-peraturan lainnya.

Perusahaan TransJakarta sendiri hanya memfasilitasi mobil dan pramudinya saja dengan jumlah pegawai seluruhnya 161 orang dan pramudi ini dibagi dua sift yaitu : 1.sift pagi jam 04.00 – 12.00 WIB 2.sift siang jam 12.00 – 22.00 WIB dansetiappegawaimendapatjatahlibur 1x selama 1 minggu. Perawatanmobildilakukan 2 minggu 1 x sedangkanpengecekandilakukansetiaphari. Gajihpegawa TJ sungguhmenggiurkan 7 juta/ bulannyasampai-sampaiperawat pun kalahJ PelayananTransJakartaatau TJ dari PIN yang setiappegawaipakai yang berbunyiTegurJikasaya kurangramah & sopandalampelayanan, sayamauberubahitutandapelayanan yang merubah kearah yang lebihbaik. Pelayanan TJ sendiriyaitupelayanapembeliankarcismerekamelayanidengansenyuman, kemudian penjagapintubusway yang mempersilahkanpenumpangwanitadudukdidepandanpria dibelakang, kenyamanantempatdudukbagipenyandangcacat, ibuhamildanusialanjutsudah disedikan.

Perusahaan TJ sendirisudahmenyediakanpelayananasuransijikapenumpangmengalami kecelakaansaatmenumpangibuswayyaituasuransijasarahrjadanjamsostekbagipegawainya. Diluarhalte/ koridorsertadalambuswayjugapenumpangdilaranguntukmerokokkarenadapat mengganggukenyamananparapenumpang. Kamimendapatkanjawabandariseorangpenumpangtentangtanggapanpelayanan yang diberikanpramudiBuswayTransJakarta Diabernamaibuelsawargadaerahkramatjati yang akanmenakibuswaykekp.rambutan kamibertanyapadanyaIbubagaimanapelayanandiBuswayTransjakarta?” menurutsayapramudinyasudahbagusramahtetapi yang sayatidaksukahanyatidaktepat waktusajajadimembuatpenumpangseringantripanjang.”ujarnya

Kemudiankami pun menannyakanhal yang dikeluhkanolehpenumpangBusway , tentangbanyak penumpang yang antrimenunggukedatanganbusway. kepadaBapak Abdul Khodirselakuoprasional BuswayTransjakarta. Beliaumenjawabkarenaadafaktor lain yaitubusway TJ yang kadangmogokataupramudinya buangjalurseharunyabusway TJ datangsetiap 5 menitsekaliditiapkoridor., itulah yang membuat penumpangantridanbuswaytidakdatangtepatwaktu.” Dari observasi yang kelompokkamilakukanpelayananBuswayTransJakartamemangsudahbagus apalagisekarangakandibukakarciskartu / jakcardsudahtermasukkatagoripelayananperimalah untukparapramudinyaJ, hanyamasalahketepatanwaktusaja yang membuatmasyarakatantri panjang. SEKIAN DAN TERIMAKASIH :)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline