Lihat ke Halaman Asli

Konser Band Violis Rasha Yahya dalam Opera

Diperbarui: 18 Oktober 2023   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pada hari kamis, 19 oktober 2023, pemain viola Rasha Yahya dan bandnya akan mengadakan sebuah konser di Teater Kecil bertema “Antara Timur dan Barat” . Dalam acara ini, akan dihadirkan  karya-karya dari penulis besar Timur dan Barat khususnya dari Mesir seperti; “Ruqsoh min al-Sho’id“ karya Gamal Salama, Serial Dzi’bu al-Jibal ( pendahuluan dan penutup) – al-Lail wa Akhiruhu - al-Dhow-u al-Syaridal-Rajul al-Akhor - al-Suqut fi  bi’rasbe karya Yasser Abdel Rahman, “Dumu’ fi ‘uyun Waqikhah” karya Ammar al-Sharaie.

Band yang akan mengisi acara ini terdiri dari beberapa musisi Mesir seperti; Amir Awad (piano), Muhammad Hassan (keyboard), Amjad Abdul Bari (gitar bass), Walid Khalil (drum), Amr Rashed - Hani Zein (perkusi), Mohamad Dabur (perkusi), Yahya Al-Harmil ( marimba) , Sayid Al-Husseini (seruling), dan Muhsin Al-Shimi (rababa).

Violis Rasha Yahya merupakan lulusan universitas Mesir, al-Ma’had al-‘Ali lil Kunsirvatur (العالى للكونسيرفاتوار) pada tahun 2001 dengan gelar cumlaude dan memperoleh gelar sarjana muda atau Bachelor Sastra Jurusan Informasi, Divisi Jurnalistik, Universitas ‘Ain Shams pada tahun 2006. Pada tahun 2013, dia menerima gelar doktor dari Akademi Seni dan gelar persahabatan dari fakultas pertahanan tanah air yang ia terima pada tahun 2016.

Saat ini, Rasha Yahya bekerja sebagai Profesor di Akademi Sastra dan Fakultas Pendidikan Musik Universitas Helwan, Mesir. Dia sudah memimpin banyak orkestra dan merupakan seorang asisten pemimpin viola di Orkestra Simffoni Kairo dari tahun 2004-2015. Selain itu, dia juga merupakan seorang penulis yang menerbitkan banyak siaran pers versi cetak dan online.

Sumber: الأهرام, media berita online Mesir yang diterbitkan pada 17 Oktober 2023 pada pukul 14.20 oleh Sarah Nemat. https://gate.ahram.org.eg/News/4590869.aspx ,diakses pada 17 Oktober 2023 pukul 20.00.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline