Lihat ke Halaman Asli

Tak Dapat Dibayangkan Jika Tak Ada Listrik

Diperbarui: 4 Agustus 2019   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto ilustrasi

Tidak dapat dibayangkan jika di jaman modern ini, tidak ada listrik. Mungkinkah manusia modern kembali ke jaman batu?.

Apakah harus belajar memasak memakai kayu bakar, pakai lampu semprong, dan tidak ada barang elektronik?. Tentunya manusia modern tak ingin kembali diperadaban jaman batu. (saya sendiri tak mau kembali ke jaman purba, nanti seperti orang bego hehehe).

Para warganet menjadi heboh akibat adanya pemadaman listrik di wilayah Jabodetabek pada hari ini. Seluruh wilayah ini menjadi lumpuh total, kegiatan vital yang manusia modern lakukan sebagai rutinitas, mulai dari alat komunikasi (hp, laptop), transportasi (mobil listrik, penerangan jalan), lampu rumah, kulkas, dispenser dan magic com menjadi terganggu. 

Bahkan bisa saja di setiap sektor industri tidak berproduksi, yang mengakibatkan perusahan merugi. Ppemadaman listrik hari ini menjadi trending topik, seluruh chanel di TV hanya menyiarkan berita terkait dampak pemadaman listrik.

Berikut dampak pemadaman listrik yang dirasakan yaitu, terlambatnya laju informasi yang biasanya didapatkan secara cepat melalui hp, tv dan radio. Terbengkalainya pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci, menyetrika yang biasanya menggunakan listrik harus dilakukan secara manual.

Pengeluaran tak terduga akibat pemadaman listrik, tidak adanya hiburan, meningkatnya tindakan kriminal, dan pekerjaan kantor menjadi menumpuk. Nah jadi tidak dipungkiri lagi bila manusia modern terlalu tergantung dengan sumber daya listrik.

Dan sebenarnya solusi yang ada jika terjadi pemadaman listrik dapat diminimalisir dengan menyediakan genset, yang dapat mengubah energi mekanis menjadi energi listrik. Dengan menggunakan genset kita akan merasa lebih aman dan nyaman tanpa harus khawatir bila terjadi pemadaman listrik.

Semoga peradaban manusia yang masih bergantung pada teknologi & energi ini tak menjadi berkurang. Salam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline