BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dan dilakukan dalam jangka panjang yang dapat memperluas usaha dan membutuhkan dana yang cukup besar. Pendidikan dapat mengembangkan potensi peserta didik dalam mengembangkan dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang ada di masyarakat. Pendidikan formal diperoleh dengan mengikuti program-program yang telah direncanakan,terstruktur oleh insitusi tersebut. Salah satunya adalah pendidikan disekolah dasar. Pendidikan di sekolah dasar dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dasar yang diperlukan untuk mempersiapkan peserta didik dalam melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
Pelaksanaan pendidikan tidak terlepas dari proses kegiatan pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu interaksi antara pendidik dan peserta didik pada suatu lingkungan belajar. Keberhasilan pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh faktor motivasi dari diri peserta didik. Motivasi adalah dorongan dalam inidividu untuk mencapai keberhasilan dan meraih tujuan yang diharapkan. Menurut Uno Hamzah (2023:1) motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakan seseorang bertingkah laku . Dorongan ini berada pada diri seseorang yang menggerakan untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan dorongan dalam dirinya. Maka dari itu dorongan pada diri seseorang itu penting agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Motivasi ini kekuatan dalam diri seseorang untuk melakukan tujuan tertentu yang ingin dicapainya sehingga kegiatan tersebut lebih terarah kareana seseorang akan berusaha lebih semangat dan giat dalam melakukan sesuatu.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi ini suatu dorongan yang timbul dari dalam dan dari luar, sehingga seseorang dapat berkeinginaan untuk merubah dirinya untuk apat mencapai tujuan yang diharpkan.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan pemaparan di atas, selanjutnya peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Apa saja faktor yang dapat memengaruhi rendahnya motivasi pada siswa dalam pelajaran IPAS2.
2. Bagaimana solusi yang dapat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam Pelajaran IPAS
C. Tujuan