Lihat ke Halaman Asli

Wisata Satu Hari? Bisa Banget...

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:47

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Di tengah-tengah banyaknya aktivitas sebagai mahasiswa yang aktif di kampus maupun di luar kampus membuat kondisi fisik dan pikiran kita lelah. Terlebih lagi jika ditambah tugas dari dosen yang sudah menumpuk dan dikejar deadline. Untuk  menghindari stress tak ada salahnya kita untuk mengambil satu atau dua hari untuk istirahat guna merefresh otak yang sudah penat selama lima hari berkativitas. Dengan memanfaatkan dua hari tersebut kita bisa menggunakannya untuk berlibur. Berlibur tidak harus ke tempat yang jauh dan mengeluarkan banyak biaya. Pergi ke tempat wisat yang dekat yang belum pernah dikunjungi itu pun sudah termasuk liburan. Misalnya mahasiswa yang kuliah di Jogja bisa berlibur ke Solo, walaupun hanya untuk satu hari, tidak perlu menginap. Hal ini semacam backpacker. Ya backpacker singkat.

Di jum’at malam kita bisa menyiapkan keperluan yang akan kita bawa  selama berlibur. Tidak perlu membawa banyak barang, namanya saja keperluan, jadi bawalah barang yang perlu-perlu saja. Seperti minuman dan makanan ringan untuk cemilan sebagai saat perjalanan, mukena, dan  kamera.

Jika saat aktivitas sehari-hari kita sudah terbiasa menggunakan kendaraan pribadi, entah itu mobil atapun sepeda motor, tidak ada salahnya untuk perjalanan wisata singkat ini kita menggunakan transportasi umum, selain biaya transportasi dari Jogja ke Solo tergolong murah, transportasi umum juga memberikan suasana yang berbeda dari aktifitas sehari-hari kita. Transportasi yang bisa kita gunakan bisa bis umum atau kereta api. Jika kita ingin hanya sekedar jalan-jalan satu hari sebaiknya kita menggunakan kereta api umum (prameks) saja. Selain murah, dengan prameks kita  juga bisa lebih menghemat waktu, karena dengan prameks kita bisa terhindar dari jalanan yang macet yang mungkin terjadi saat weekend tiba.

Kita bisa naik prameks baik dari stasiun Lempuyangan maupun stasiun Tugu. Ada baiknya kita naik dari stasiun yang kiranya dekat dengan tempat tinggal kita. Dari stasiun berangkatlah dengan kereta yang jadwal keberangkatannya pagi, agar kita tiba di tempat tujuan lebih dini sehingga kita bisa menghabiskan banyak waktu  untuk mengeksplor tempat wisata yang telah kita tentukan sebelumnya.

Sesampainya di stasiun pemberhentian kereta, yaitu stasiun Balapan,kita bisa menggunakan jasa becak yang banyak stand by di luar stasiun untuk mengantar kita berkelilling kota solo. Oya sebelum memulia jalan-jalan sebaiknya saat kita di stasiun, entah itu stasiun pemberangkatan maupun stasiun pemberhentian kita sebaiknya meminta jadwal atau bisa bertanya pada customer service stasiun tersebut mengenai jadwal keberangkatan kereta hari itu,agar kita bisa memanage waktu kita selama berwisata dan tidak sampai kita ketinggalan kereta untuk kembali ke kota asal  (Jogja).

Saat kita memutuskan untuk memakai jasa becak, usahakan kita menawar dari tarif yang diminta. Biasannya tukang becak akan menawarkan jasa untuk disewa per jamnya. Jika tarif sudah  deal, saatnya jalan-jalan dimulai.

Bagi kita yang sama sekali belum mengerti jalan, tidak ada salahnya kalau tempat pertama yang kita kunjungi yaitu dinas pariwisata kota tersebut, yaitu kota Solo. Mengapa? Karena dinas pariwisata merupakan tempat  tourism information atau pusat informasi untuk para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, dimana kita bisa bertanya-tanya tentang tempat wisata  yang ada di kota yang kita kunjungi, di tempat ini pula kita bisa minta pada brosur dan peta wisata kota Solo sebagai panduan kita selama  berwisata.

Jika kiranya sudah cukup banyak informasi yang kita peroleh dari dinas pariwisata, kita kemudian meminta  tukang becak untuk mengantar kita ke tempat-tempat wisata di kota solo. Sebelum perjalanan pun kita sebaiknya memberi tahu kepada si tukang becak untuk mengunjungi tempat wisata yang kiranya dapat terjangkau saja. Misalnya kita tiba di kota solo pukul 10.00 dan pemberangkatan kereta untuk kembali ke Jogja yaitu pukul 15.00, maka kita sebaiknya memberi tahu hal itu kepada si tukang becak agar ia bisa membantu kita bisa memaksimalkan waktu (kurang lebih 6-7 jam) untuk berkeliling kota Solo.

Tempat-tempat yang bisa kita kunjungi antara lain: Museum Radya Pustaka, Monumen Pers, Solo Grand Mall, Pusat Grosir Solo (PGS), Pasar Klewer, serta Keraton Solo. Selain HTM-nya terjangkau, letak antara tempat satu dengan yang lain pun berdekatan sehingga bisa menghemat waktu. Sehingga dalam satu hari bisa mengunjungi banyak tempat. Setelah puas berkeliling saatnya kita kembali ke Jogja, ingat ya untuk datang ke stasiun sebelum jadwal pemberangkatan, agar tidak ketinggalan kereta  ^_^

BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?