Lihat ke Halaman Asli

Museum Sepi Nian

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Museum saat ini kurang dipedulikan dan dipelihara. Masih banyak museum-museum yang sepi pengunjung terutama di kota Yogyakarta. Padahal sebenarnya masih minim pengetahuan yang dimiliki masyarakat tentang museum. Seperti museum yang sepi pengunjung misalnya museum Geoteknologi Mineral, museum Perjuangan, museum Wayang Kekayon, dan museum-museum yang kurang terkenal lainnya.

Menurut Asep, orang tua dari Fajar yang bersekolah di TK ABA Magelang, mengatakan, pembelajaran anak sekolah sekarang memang kurang kalau untuk berkunjung ke museum, minat untuk mengambil ilmu dari kunjungan ke museum sangat kurang. “Hanya pada saat tertentu, liburan misalnya, mereka baru ada kunjungan ke museum”, katanya.

Selain itu, Dewi, guru SMP Wonosari, juga mengatakan, sekarang jarang sekolah tempat ia bekerja mengadakan kunjungan ke museum, lebih ke tempat wisatanya, museum yang dekat saja jarang dikunjungi, apalagi yang jauh”, ujarnya.

Di sisi lain, Fafa, murid SD IT Magelang, juga mengungkapkan, kadang-kadang ke museum itu, biasanya belajar ya di sekolah saja, paling kalau mau kenaikan kelas”, ungkapnya.

Menurut Parno, ayah dari murid SMP Piyungan bernama Yudho, menambahkan untuk rekreasi ke museum sudah jarang, paling ke luar kota itu saja lebih ke tempat bermain. Kalau sekolah-sekolah dari luar Yogyakarta biasanya masih menyempatkan adanya kunjungan ke museum. Dari kota Cilacap, Ciamis masih sering ada kunjungan ke museum”, tambahnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline