Lihat ke Halaman Asli

Guru Profesional Berahlak Mulia

Diperbarui: 22 November 2023   20:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menuntut ilmu merupakan kewajiban setiap umat manusia. dalam menuntut ilmu sepatutnya ada guru atau pendidik.

 GURU adalah pendidik profesional. ada tiga jenis guru dalam konteks pendidikan 1)Guru tangtu (orang tua) 2)Guru bantu(guru/dosen) 3)Guru khusu adalah guru yang dapat memfasilitasi kita agar lebih dekat kepada alloh swt (mursyid). guru memiliki kedudukan yang sangat tinggi. dalam sebuah mahfudzot dikatakan yang artinya "nyaris kedudukan guru itu disejajarkan dengan kedudukan rasul". 

KEDUDUKAN GURU PERSPEKTIF AGAMA 

Kedudukan guru disamaratakan dengan kedudukan rasul yang dikatakan dalam mahfudzot tadi.  guru yang mana yang di samakan dengan rasul ? yaitu guru yang mulia akhlaknya. kemuliaan akhlak guru tercermin pada : 1)semua rasul adalah guru 2)semua budaya mengagungkan profesi guru 3)semua orang - orang shaleh adalah guru. 

Kemudian bagaimana ciri bahwa guru dimuliakan karena akhlaknya?

Ciri guru dimuliakan karena akhlaknya yaitu ketika ada aib seorang guru dinilai lebih besar dari aib orang lain. contohnya ada kasus mahasiswi pulang kuliah kemalaman, ketemu satpam dan diantar oleh satpam. kasus 2, mahasiswi pulang kuliah kemalaman, ketemu bapak dosen dan diantar pulang dengan dosen. kira kira menjadi tranding topik siapa? maka, yang akan menjadi perbincangan adalah ada seorang dosen yang mengantar pulang siswanya. kenapa seorang dosen menjadi tranding topik dengan tidak merendahkan pekerjaan satpam tapi karna dosen memiliki kemuliaan akhlak. 

Oleh karena itu, dosen dan guru memiliki kemuliaan akhlak.

Ciri Yang kedua Seseorang akan merasa aman ketika berada bersama guru. Contohnya : Pangersa Abah ( Seorang Mursyid Taswuf)  Banyak orang yang ingin bertanya dan meminta solusi kepada Abah. Namun, ketika kita sudah di hadapan abah enggan bertanya sedikit pun, mengapa demikian? karena  dengan melihat wajah abah nya saja semua pertanyaan terjawab karena beliau memiliki akhlakul karimah.
Sehingga supaya kita merasa siswa kita/peserta didik kita merasa aman ketika bersama kita, maka kita harus memiliki akhlak yang mulia.

Ciri Ketiga dalam kasus kriminal guru adalah terdakwa terakhir. Contoh : ketika murid ada yang kesalahan, maka yang pertama kali di tanyakan siapa gurunya.

Nah dapat di simpulkan bahwa Kedudukan guru dalam perspektif agama adalah Guru sejajar dengan rasul, maka berbahagialah. Karena guru mulia itu karena akhlaknya.

KEDUDUKAN GURU PERSPEKTIF UNDANG UNDANG

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline