Lihat ke Halaman Asli

Anis Rahmawati

Universitas Pendidikan Indonesia - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Tasikmalaya

Mahasiswa UPI Berikan Pengalaman Belajar di Luar Sekolah Melalui Program Outing Class

Diperbarui: 28 Desember 2023   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan Program Outing Class

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu Anis Rahmawati bersama rekan lainnya Indah Windy Khoerunisa dari Universitas Pendidikan Indonesia, Salshabilla Ningtias dari Universitas Muhammadiyah, Dida Durotun Nasihah dari Universitas Siliwangi, dan Donny Adriansyah dari Universitas Siliwangi mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) yaitu Kampus Mengajar Angkatan 5 tahun 2023 dan mendapatkan penempatan di SDN Pasirpeer yang terletak di Kp. Pasirpeer, Cibanteng, Kec. Parungponteng, Kab. Tasikmalaya.

Selama masa penugasan, kami merancang beberapa program yang mendukung terlaksananya literasi dan numerasi salah satunya yaitu program "Outing Class". Outing Class merupakan salah satu program yang kami rancang untuk memberikan pengalaman belajar baru bagi peserta didik, dimana peserta didik diajak untuk melaksanakan pembelajaran di luar lingkungan sekolah yaitu peserta didik diajak untuk mengamati tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan peserta didik juga diajak menggambar sambil berhitung. Selain itu, dalam program ini kami juga mengadakan beberapa permainan yang diharapkan bisa semakin menjalin hubungan yang harmonis antar guru dan sesama peserta didik.

Dokumen Pribadi Pelaksanaan Program Outing Class

Dokumen Pribadi Pelaksanaan Program Outing Class

Dokumen Pribadi Pelaksanaan Program Outing Class

Program "Outing Class" mendapatkan respon yang sangat positif baik dari kepala sekolah, bapak ibu guru maupun dari peserta didik. Selama melaksanakan program ini, peserta didik terlihat sangat antusias sehingga peserta didik sangat bersemangat pada saat diberikan pembelajaran di luar sekolah. Pihak sekolah juga berharap bahwa program ini akan berjalan secara berkelanjutan nantinya minimal dua atau tiga bulan sekali sehingga bisa memberikan suasana belajar baru untuk peserta didik dan sekaligus bisa memberikan hiburan yang bersifat edukatif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline