Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Lupakan Materi Kuliah, Bagaimana bisa?

Diperbarui: 28 Maret 2024   22:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Medcom.id

Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri dari Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi, dan Akademi Komunitas. Pada saat perkuliahan, dosen sering kali bertanya terkait materi yang telah diberikan sebelumnya. Sering kali terjadi pada pertemuan di kelas, sebagian mahasiswa lupa dengan materi yang diberikan oleh dosen.Rendahnya daya ingat dapat mempengaruhi kinerja akademik mahasiswa.Hal tersebut wajar terjadi karena otak kita terdesain dengan adanya istilah memori jangka pendek dan memori jangka panjang.

Memori jangka pendek, yaitu memori penyimpanan sementara informasi-informasi sebelum diteruskan ke dalam memori jangka panjang. Durasi penyimpanan memori jangka pendek berlangsung dalam hitungan detik hingga jam, sedangkan memori jangka panjang dalam hitungan harian hingga tahunan. Memori jangka pendek memiliki kapasitas lebih terbatas dari memori jangka panjang.

Materi perkuliahan masuk ke dalam kategori memori jangka pendek karena seperti yang sudah disebutkan di awal, memori jangka pendek, yaitu memori penyimpanan sementara informasi-informasi sebelum diteruskan ke dalam memori jangka panjang. Segala informasi awalnya merupakan memori jangka pendek sehingga wajar jika kita mudah sekali lupa akan suatu hal termasuk salah satunya materi perkuliahan.

Mahasiswa yang biasanya lupa dengan materi perkuliahan pada pertemuan sebelumnya bisa terjadi di karenakan kurang fokus dalam mengikuti perkuliahan. Hal inilah yang menyebabkan mahasiswa tidak menerima materi yang diberikan dosen dengan baik. Mahasiswa sering kali bermain handphone dan membuka sosial media saat perkuliahan sedang berlangsung dan saat dosen menjelaskan materi. Inilah mengapa mahasiswa tidak bisa mengingat materi yang telah dosen berikan saat perkuliahan berlangsung.

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan cara membaca kembali materi-materi yang sudah diajarkan oleh dosen pada kelas sebelumnya. Dengan begitu materi perkuliahan tidak mudah terlupakan atau hanya menjadi memori jangka pendek saja, tetapi dapat berubah menjadi memori jangka panjang dan kita dapat mengingatnya dalam kurun waktu yang lama.

Menurut saya saat jam perkuliahan berlangsung mahasiswa bisa memposisikan dirinya dengan baik dan tidak boleh bermain hp, kecuali memang diperlukan untuk mencari materi yang tidak ada dalam buku. Mahasiswa juga bisa menggunakan mode silent agar hp tidak lagi mengganggu saat perkuliahan berlangsung kecuali ada sesuatu yang urgent.

Referensi

https://econochannelfeunj.com/2023/01/otak-kita-terdesain-untuk-melupakan-materi-kuliah-bagaimana-bisa/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline