Lihat ke Halaman Asli

Anisha Rahma

Universitas Sebelas Maret

Wisata Kampoeng Heritage Kajoetangan Masuk dalam 75 Desa Wisata Terbaik 2023

Diperbarui: 3 Mei 2023   18:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pada Minggu 16 April 2023 Menparakrap Sandiaga  Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Desa Wisata Kampoeng Heritage Kajoetangan, Malang, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya Menparekraf Sandiaga terkesan dengan kelestarian Kampoeng Heritage Kajoetangan yang sudah ada sejak abad ke-13. Kampung ini merupakan kampung wisata yang mengusung konsep suasana tempo dulu. Kampung ini tidak hanya tempat wisata saja, melainkan area pemukiman yang dihuni oleh warga setempat yang dimanfaatkan sebagai sebuah destinasi wisata.

"Saya sangat kagum dengan Desa Wisata Kampung Heritage Kajoetangan ini. Mudah-mudahan masuknya Kampung Heritage Kajoetangan sebagai 75 desa wisata terbaik bisa membawa berkah dan menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja yang luas buat masyarakat. Sehingga ekonomi masyarakat semakin bergerak," kata Pak Mentri

Saat kita memasuki Kampung Heritage Kajoetangan kita akan merasakan suasana kota lama pada masa Belanda. Di dalamnya terdapat deretan rumah berarsitektur kolonial Belanda dengan aksesoris, perabotan, yang biasa dijadikan spot berfoto para pengunjung.Kampung Kajoetangan juga memiliki sejumlah aktivitas menarik yang dapat dijajal oleh para pengunjung. Mulai dari mergi lepen (tempat foto Instagramable dengan mural dan kali kecil yang membelah jalan ala Venezia Italia), dolanan anak (lompat tali dan engklek), belajar membatik, hingga menonton pertunjukan musik keroncong dan kenangan.

Menparekraf Sandiaga yang didampingi  Walikota Malang, Sutiaji, dan Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua pun kemudian menyusuri Kampung Heritage dan menyambangi sejumlah daya tarik seperti Rumah Produksi Ontbijtkoek, Makam Mbah Hinggo, Rumah Mbah Ndut, hingga Pasar Talun.

Harapan Sandiaga dengan masuknya Kampung Kajoetangan sebagai salah satu desa wisata terbaik ADWI 2023 dapat menjadi kontributor penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

Dalam waktu yang bersamaan Menparekraf Sandiaga mengajak pihak swasta Dulux sebagai mitra strategis Kemenparekraf untuk memberdayakan tembok-tembok yang ada di Kampung Kajoetangan sehingga lebih berwarna dan terhias dengan beragam gambar mural




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline