Lihat ke Halaman Asli

Anisa sarah azzahra

saya adalah mahasiswa

Social Media Specialist

Diperbarui: 4 Oktober 2021   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu Sosial Media ?

Sosial Media (sering misrecated bahwa media sosial) adalah media online yang digunakan oleh masing-masing selain pengguna dapat dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan membuat blog konten, jaringan sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Apa itu Sosial Media Spesialist


Social Media Specialist adalah posisi yang berfokus pada menciptakan konten digital kreatif dan menarik untuk platform media sosial yang berbeda. Mereka melakukannya dengan tujuan meningkatkan kesadaran merek, memperkuat kegiatan pemasaran dan mendorong angka penjualan. Sosial Media Spesialist tidak hanya membuat konten dalam 1 jenis media sosial saja, lho! Mereka harus memahami bagaimana untuk menyesuaikan konten yang sama, tetapi diterapkan untuk setiap jenis media sosial.

Mengapa demikian? Memang, setiap platform media sosial memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya, konten Instagram tidak dapat digunakan di Twitter dan Facebook. konten ini harus "dibedah" sehingga untuk menyesuaikan karakteristik masing-masing media sosial menjadi lebih efisien. Seorang spesialis media sosial akan bekerja dengan tim Digital Marketing untuk bertukar pikiran bagaimana media sosial strategi dalam pekerjaan SOSMED pemasaran.

Selain itu, mereka juga akan mencerminkan tentang cara membuat merek kesadaran, dan juga meningkatkan komitmen.Semua hasil karya orang-orang yang pengasuh posisi ini akan bertanggung jawab kepada manajer media sosial.Mereka pertama akan mengevaluasi jika konten yang layak dan menyediakan entri.

Apa fungsi dan tanggung jawab Sosial Media Spesialist? berikut adalah tugasnya:

  1. Kembangkan rencana konten di media sosial yang sesuai dan kompatibel dengan identitas merek
  2. Buat konten yang memiliki nilai dan konsisten pada semua platform media sosial
  3. Kelola media pasca-sosial dengan volume tinggi
  4. Berkomunikasi dengan adept di media sosial
  5. Mengembangkan dan mengatur program dengan influencer dan juga datang ke acara
  6. Gunakan alat analitis seperti Google Analytics, Wawasan Hootsuite Pro dan Facebook
  7. Siapkan laporan tentang pengembangan setiap merek atau perusahaan
  8. Berikan rekomendasi dan saran untuk strategi pemasaran media sosial
  9. Selalu perbarui dengan perkembangan tren media sosial
  10. Berikan arah ke tim desain konten visual yang direncanakan

Kualifikasi Social Media Specialist

Menjadi spesialis media sosial dapat dikatakan memiliki sedikit perbedaan dengan karya-karya lainnya.

pekerjaan lebih lanjut dapat dipelajari sebelum di sekolah atau konferensi, tetapi saat ini tidak terdapat universitas mengajarkan materi penuh pembelajaran media sosial.

Akibatnya, kemungkinan mengisi posisi terbuka untuk semua orang, asalkan memiliki kemampuan di bawah ini.

1. Media sosial kemudahan
Seorang spesialis media sosial harus memiliki minat yang besar dalam menggunakan media sosial. Mereka juga harus tahu berbagai jenis media sosial digunakan oleh pengguna.

Orang dengan posisi ini tentu tidak memiliki teknologi dan gagap harus terus memantau evolusi yang berkelanjutan. Mereka juga harus peka terhadap tren seperti hashtags populer atau konten.

2. Kemampuan komunikasi
Bahkan jika bekerja di belakang layar, spesialis media sosial harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi. Ini termasuk menulis, mengedit, narasi, referensi, serta presentasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline