Lihat ke Halaman Asli

Anisa Farah

Masih belajar

KKM Desa Balesari Dusun Jambuwer Resmi Dibuka: Kades harap Mahasiswa Mampu Berdayakan Potensi Desa

Diperbarui: 23 Desember 2022   13:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Reguler Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang periode 2022 yang bertempat di Desa Balesari Kecamatan Ngajum resmi dibuka. Acara pembukaan ini, dihadiri oleh bapak Muhibullah, S.Pd selaku sekretaris Desa Balesari serta Bapak Muhammad Mubasysyir Munir, M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan kelompok 199 (DPL), Selasa (20/12).

Acara diawali dengan sambutan oleh Saudara Ahmad Fauzan Deroyeen selaku ketua kelompok. Dalam sambutannya, ia menyampaikan beberapa maksud, tujuan serta harapan dari program pengabdian masyarakat ini untuk kedepannya. "Dalam melaksanakan KKM, kami merancang beberapa program kerja pada berbagai bidang. Mulai dari bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan dan UMKM masyarakat. Terakhir, harapan kami adalah semoga dengan diterimanya kami di Desa ini dapat memberikan dampak positif, serta inovasi baru dalam membangun Desa secara berkelanjutan", ucapnya.

Bapak Muhammad Mubasysyir Munir, M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) juga turut memberikan sambutan. "Alhamdulillah, terima kasih banyak kepada segenap perangkat Desa yang menerima baik kedatangan kami di Desa Balesari, khususnya kedatangan mahasiswa kami dalam momen pengabdian masyarakat ini. Harapan saya kepada mahasiswa kami dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan Desa selaras dengan tema KKM, Membangun Desa Berkelanjutan", ujar beliau.

Dok. pribadi

Sekretaris Desa Balesari menerima kedatangan mahasiswa KKM-Reguler secara simbolis, dengan menaruh harapan besar kepada para mahasiswa agar mampu melaksanakan program kerja dengan baik, demi pengembangan potensi Desa Balesari. Dalam tutur katanya, beliau sangat bersyukur atas kedatangan mahasiswa KKM-Reguler tahun ini. Karena pada tahun sebelumnya, mahasiswa KKM yang hadir melaksanakan kegiatan mereka secara online, dimana mereka hanya mengembangkan potensi Desa melalui digitalisasi. Harapannya pada tahun ini, mahasiswa KKM-Reguler Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang periode 2022 bisa berkontribusi nyata bagi Desa Balesari.

KKM di Desa Balesari, Ngajum, merancang program kerja dengan prinsip "Membangun Desa Berkelanjutan" sesuai dengan tema yang diusung oleh LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hal ini menjadi stimulus bagi mahasiswa untuk bersemangat dalam mengabdi di masyarakat dengan membangun kemajuan Desa. Hal ini pastinya harus ada dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline