Lihat ke Halaman Asli

Mari Kita Berkumpul yang Bermanfaat!

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Negeri Indonesia penuh dengan beragam warna, cerita dan cita. Kelebihan dan kekurangan Indonesia yang ada seringkali tidak disyukuri, malah seringkali keluar cercaan akan tidak bangganya terhadap Indonesia. Padahal dengan segala kekurangannya justru menambah semangat pemuda dan lainnya untuk membuat Indonesia semakin maju dan semakin dikenal di kalangan dunia. Terkadang kita berpikir, apa yang seharusnya kita lakukan untuk bangsa ini? Apakah dengan menjadi pejabat, apakah menjadi pendemo, atau menjadi rakyat biasa-biasa saja yang fokus mencari kekayaan semata. Menurut saya, semua hal dilakukan, kita diciptakan dengan karakteristik berbeda-beda serta potensi yang berbeda membuat kita bisa memberi warna pada Indonesia ini dan melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Menurut Roosevelt, jangan lihat apa yang negara berikan kepada kamu, namun apa yang kau bisa lakukan kepada negara. Ini menarik karena ketika kita bisa bermanfaat untuk sekitarnya dengan segala hal yang kita bisa lakukan dan miliki. Menurut Soekarno, seribu orang tua bisa berdoa, namun satu pemuda bisa mengubah dunia. Ini bisa menginspirasi kita semua agar bisa berbuat lebih dan banyak untuk negara kita ini dan yang menjadi tulang punggung yaitu pemuda karena bisa berkreatifitas dengan kecintaannya pada tanah air.

Atas dasar yang telah dijelaskan diatas ada baiknya kita bermanfaat. Tidak harus selalu hal yang besar karena sesuatu yang besar dimulai oleh langkah yang kecil. Menurut pengamatan saya, orang Indonesia itu suka sekali berkumpul. Berkumpul bersama teman-teman, kolega, maupun silaturahmi diantara sesama. Bahkan sering terdengar istilah “Makan gak makan asal ngumpul” walaupun dengan berbagai keterbatasan tidak ada makanan, tidak ada yang mentraktir, tetap mereka berkumpul bersama. Inilah yang membedakan kita dengan bangsa lainnya dan ini sangat paling Indonesia. Berkumpul ini juga seperti silaturahmi yang bisa mengeratkan kekeluargaan dan tentunya menjadikan umur panjang.

Nah, kita bisa melakukan hal yang sederhana dari kumpul-kumpul bersama teman-teman atau siapa sajadan mempunyai tujuan yang jelas. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang mungkin tidak terpikir menjadi sebuah hal yang bisa bermanfaat :

[caption id="attachment_107681" align="alignright" width="300" caption="Menonton pertandingan olahraga"][/caption]

1. Menjadi suporter Olahraga

Dilihat dari animo masyarakat pada saat pertandingan olahraga khususnya sepakbola, sangat meriah. Terlihat adanya semangat semangat menggebu dari mereka untuk membela tim merah putih. Meski prestasi Indonesia di kawasan ASEAN pun masih kalah dengan negara tetangga tetapi tidak menyurutkan semangat untuk tetap membela. Terkadang terjadi kerusuhan antar suporter karena saking cintanya mereka dengan tim kebanggaan.. Lihat saja bagaimana AFF menghipnotis rakyat indonesia, tanpa dukungan suporter yang menggebu gebu, pemain Timnas Indonesia tidak akan sesemangat itu untuk melakukan perjuangan. Tidak hanya dalam sepakbola namun pada jenis olahraga lainnya seperti badminton, voli, dan lain sebagainya. Saya juga suka menonton acara pertandingan bulutangkis dan itu serunya bukan main.

berwisata lokal bersama teman-teman

2.Berwisata lokal keliling Indonesia.

Suka dengan kegiatan berjalan-jalan, gak bakal ada habisnya deh mengelilingi sudut-sudut Indonesia yang sangat indah. Awalnya saya juga tidak sering melakukan perjalanan namun lambat laun jalan-jalan itu menjadi suatu kegiatan yang wajib karena dengan hal itu bisa menyebabkan kecintaan kita terhadap tanah air menjadi lebih tinggi, memutar perekonomian Indonesia dan mendistribusikan pendapatan kepada rakyat sekitar. Awalnya kegiatan semacam ini adalah kumpul-kumpul biasa, atas kesamaan hobi, atas rasa senang-senang namun dari itulah justru timbul banyaknya komunitas-komunitas travel yang tidak melakukan jalan-jalan saja namun melakukan kegiatan sosial terhadap tempat-tempat yang belum baik di Indonesia.

3.Belajar, berprestasi, berbisnis.

Belajar yang tidak hanya di bangku akademis saja, belajar dari sekitarnya untuk memajukan negeri ini. Banyak sekali yang teman-teman saya lakukan adalah dengan membuat komunitas orang-orang yang tertarik bisnis. Tujuan mereka sangat mulia sekali selain ingin belajar bagaimana berbisnis namun juga ingin menyediakan lapangan pekerjaan bagi sekitar dan turut meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia yang katanya masih kurang dari standar. Tujuan itu mulia sekali, banyak pengusaha di Indonesia memungkinkan roda perekonomian bisa terus dipacu.

4.Mengembangkan diri mencintai lingkungan

Berkumpul bersama dan membuat komunitas untuk mencintai lingkungan adalah hal yang menarik. Menjaga kelestarian lingkungan tempat tinggal juga baik, meghemat penggunaan kertas dan plastik juga adalah gaya hidup yang baik. Maka dari hal hal mendasar itu banyak orang berkumpul dan melakukan gerakan gerakan mencintai lingkungan, terutama kegiatan seperti ini banyak digalakkan di kampus atau lainnya. Bisa juga di lingkungan rumah dan ikut menginspirasi bagi mereka yang belum peduli dengan lingkungan sekitar.

5.Memakai produk dalam negeri dengan bangga.

Selain itu juga mencintai negeri ini dan turut bermanfaat bagi negara adalah dengan memakai produk dalam negeri. Memakai produk dalam negeri pun juga tidak bermaksud untuk tidak memakai produk dalam negeri. Namun, selama ada produk dalam negeri yang bagus, kenapa harus memakai produk luar negeri. Itu yang harus ditekankan. Contoh kecilnya saja, memakai provider Telkomsel sebagai produk dalam negeri, langkah kecil yang bisa menguntungkan bagi perusahaan negara dan turut serta membangun perekonomian. Selain itu bisa melakukan pembelian baju-baju lokal yang kualitasnya sama bagusnya dengan produk luar.

Ini adalah beberapa contoh saja bagaimana melakukan hal yang bermanfaat untuk Indonesia dengan cara paling Indonesia, yaitu melalui berkumpul yang bermanfaat. Sebenarnya masih banyak cara, itu tergantung bagaimana kreatifitas kita dalam melakukan hal yang memiliki nilai positif untuk Indonesia. Kita semua bisa! Tentunya dengan cara paling Indonesia! :D




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline