Lihat ke Halaman Asli

Anisa NurPadilah

Mahasiswa Universitas Indonesia Kampus Cibiru

Pop-Up Book Mudahkan Siswa Belajar Keragaman Budaya Indonesia

Diperbarui: 18 Mei 2023   15:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Media pembelajaran adalah segala bentuk alat atau teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi, konsep ataupun materi pembelajaran kepada siswa. Penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan media pembelajaran memiliki peranan untuk membantu guru dalam membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, serta memfasilitasi pemahaman siswa melalui penggunaan gambar, teks, suara dan interaksi.  Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi adalah "Pop-Up Book"

Media pembelajaran "Pop-Up Book" adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk memvisualisasikan dan memperjelas informasi melalui elemen yang muncul secara tiba-tiba dalam bentuk tiga dimensi yang mana dengan menggunakan media pembelajaran ini dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar serta memudahkan pemahaman siswa dan memperkuat daya ingat siswa mengenai suatu materi.

Dokumen Pribadi

Siswa Kelas 3A SDN Permata Biru pada tanggal 20 Maret 2023 secara bersama-sama membuat media pembelajaran berupa "Pop-Up Book". Pembuatan media pembelajaran ini merupakan usulan dari wali kelas 3A yang berkolaborasi dengan Mahasiswa MBKM UPI Cibiru yang mana pembuatan media "Pop-Up Book" ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai pembelajaran "Keragaman Budaya Indonesia".

Dalam proses pembuatan media pembelajaran "Pop-Up Book" ini siswa dibagi menjadi 5 kelompok besar dan setiap kelompok mendapatkan masing-masing 1 nama pulau yang ada di Indonesia beserta keragaman budaya yang dimiliki pulau teresebut. Kemudian tiap kelompok secara bersama-sama membuat "Pop-Up Book" tersebut sesuai dengan arahan dari wali kelas yang didampingi oleh Mahasiswa MBKM UPI Cibiru. Selanjutnya, masing-masing kelompok diarahkan untuk menghias "Pop-Up Book" tersebut sesuai dengan imajinasi dan kreasi dari tiap kelompok. Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk membangun kebersamaan dan mengembangkan karakter kerja sama siswa serta menumbuhkan jiwa kreativitas siswa.

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi

Setelah pembuatan "Pop-Up Book" tersebut selesai, masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk memaparkan dan menjelaskan isi "Pop-Up Book" yang mana isinya berupa keragaman budaya yang dimiliki oleh tiap pulau meliputi, rumah adat beserta gambar dan bentuknya, baju adat beserta gambarnya, makanan khas beserta gambarnya, tarian khas beserta gambarnya serta suku khas beserta gambarnya. Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan jiwa percaya diri siswa serta kegiatan ini juga dapat membantu dan memudahkan siswa belajar mengenai "Keragaman Budaya Indonesia" karena siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja, akan tetapi siswa juga secara langsung dapat mengenal dan mengetahui segala bentuk keragaman budaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline