Lihat ke Halaman Asli

Press Release

Diperbarui: 5 Desember 2023   15:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kalian pasti tidak asing dengan kata Press Release, namun apakah kalian tahu apa yang di maksud dengan Press Release ? jika kalian sudah tau, mari perdalam lagi pengetahuan kalian mengenai Press Release. Ini sangat penting bagi sebuah perusahaan, maka kalian harus mengetahui tentang hal ini, semoga ini akan membantu kalian dalam menyikapi masalah atau isu isu yang terjadi pada organisasi atau perusahaan dimana kalian bekerja.

Press release atau biasa disebut dengan siaran pers, sederhananya merupakan pemberitaan untuk surat kabar ataupun media massa. Isi press release yang dibagikan perusahaan biasanya berfokus pada keuntungan atau pencapaian perusahaan. Sehingga mampu menarik perhatian khalayak terhadap perusahaan tersebut. Tujuannya sendiri adalah untuk menyampaikan pesan kepada publik mengenai semua informasi yang berkaitan dengan lembaga atau perusahaan agar tercipta hubungan baik antara lembaga dengan publiknya.

Dalam membuat Press Release ada beberapa unsur yang perlu di perhatikan, berikut penjelasannya :

  1. Judul:

    • Judul press release  harusnya mencerminkan inti pesan atau informasi, dengan di tulis secara singkat, jelas dan menarik perhatian.
  2. Tanggal Rilis:

    • Tanggal rilis pers memberikan informasi tentang kapan dokumen tersebut dapat digunakan atau dipublikasikan oleh media.
  3. Lead (Pembuka):

    • Lead adalah paragraf pertama yang berisi informasi pokok dan jawaban atas pertanyaan dasar: siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Lead harus menangkap perhatian pembaca dan memberikan gambaran singkat tentang inti berita.
  4. Badan Rilis Pers:

    • Badan press release menyediakan informasi lebih lanjut dan mendalam tentang topik tersebut. Isinya harus disusun dengan rapi, dimulai dari informasi yang paling penting hingga yang kurang penting.
  5. Kutipan:

    • Kutipan dari tokoh-tokoh kunci atau pernyataan resmi dari organisasi terkait dapat menambah otoritas dan keakraban pada press release. Kutipan ini bisa memberikan perspektif dan wawasan yang lebih mendalam.
  6. Informasi Pendukung:

    • Sertakan informasi pendukung seperti fakta, angka, atau statistik yang mendukung pesan atau pernyataan yang disampaikan dalam press release.
  7. Informasi Kontak:

    • Cantumkan informasi kontak untuk wartawan atau pihak yang ingin mendapatkan lebih banyak informasi. Ini harus mencakup nama, jabatan, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi.
  8. Ringkasan Akhir (Boilerplate):

    • Ringkasan akhir atau boilerplate adalah paragraf terakhir yang memberikan gambaran umum tentang organisasi atau perusahaan yang merilis press release. Ini mencakup informasi singkat tentang sejarah, misi, dan visi organisasi.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline