Lihat ke Halaman Asli

Marketing Public Relation

Diperbarui: 5 Desember 2023   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kalian tau apa itu marketing dalam pblik relation ? yuk mari saling belajar disini

Marketing Public Relations (MPR) merupakan bagian dari strategi pemasaran dan strategi perusahaansecara keseluruhan sebagai penghubung perusahaan dengan konsumennya, serta masyarakat luasmelalui penyampaian informasi, program-program dan kesan yang meyakinkan, dalam usahamemperlihatkan bahwa perusahaan dan produk-produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan,kepentingan dan minat konsumen

Fungsi Marketing Public Relation adalah untuk mendapatkan kesadaran, merangsang penjualan, menfasilitasi komunikasi dan membangun hubungan antara konsumen, perusahaan, dan merek produknya. Menurut Kotler (1998) tujuan dari marketing public relations adalah sebagai berikut:

  • Membangun kesadaran. Marketing public relations menempatkan cerita di media untuk memperoleh perhatian terhadap produk, pelayanan, personel, perusahaan, atau ideanya.
  • Membangun kredibilitas. Marketing public relations dapat meningkatkan kredibilitas dengan mengkomunikasikan pesannya dalam teks editor ial.
  • Mendorong wiraniaga dan penyalur. Marketing public relations dapat menolong semangat wiraniaga dan penyalur. Cerita tentang produk baru sebelum diluncurkan dapat membantu tenaga penyalur untuk memasarkannya.
  • Mengurangi biaya promosi. Biaya yang dikeluarkan untuk Marketing public relationslebih sedikit dibandingkan dengan biaya pos dan iklan. Semakin kecil anggaranperusahaan, semakin kuat alasan menggunakan Marketing Public Relations untukmemperoleh perhatian.

Selanjutnya bagaimana strategi dalam menjalankan  Marketing Public Relations ? berikut adalah pendapat Ruslan (2010), terdapat tiga pendekatan marketing public relations yang menggabungkanantara strategi pemasaran tradisional dan dimensi megamarketing, marketing public relationsmembutuhkan komunikasi dari bagian yang bukan merupakan bagian pemasaran traditional chain.Adapun strategi-strategi marketing public relations adalah sebagai berikut:

  • Strategi Push. Strategi ini adalah dimana perusahaan mendorong produknya melaluisarana tertentu. Produser secara agresif mempromosikan produknya ke wholesaler(perantara), wholesaler mempromosikan kepada retailers (pengecer) dan retailermempromosikan kepada konsumen.
  • Strategi Pull. Strategi ini digunakan untuk membangun permintaan konsumen sehinggasangat membutuhkan biaya yang besar untuk membuat iklan dan mempromosikannyakepada konsumen.
  • Strategi Pass. Public relations memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menciptakanopini publik yang menguntungkan. Program MPR tersebut di satu sisi merupakan upayauntuk merangsang (push) pembelian dan sekaligus dapat memberikan nilai-nilai (addedvalue) atau kepuasan bagi pelanggan (satisfied customer) yang telah menggunakanproduknya. Disisi lain melalui kiat public relations dalam menyelenggarakan komunikasitimbal balik dua arah yang didasari informasi dan pesan-pesan yang dapat dipercaya,diharapkan dapat menciptakan kesan-kesan positif terhadap perusahaan.

itulah sedikit penjelasan mengenai strategi Publik relation, bila ada kurang atau salahnya bisa teman teman tambahkan pada kolom komentar. Semoga ilmu yang kita share bisa bermanfaat untuk kita semua




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline