Lihat ke Halaman Asli

Anisa Mawaddah

Anisa Mawaddah

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Jaga Pola Hidup Sehat dengan Ikuti Kegiatan Posbindu di Kelurahan Patemon

Diperbarui: 12 November 2021   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang Menjaga Pola Hidup Sehat dengan Mengikuti Kegiatan Posbindu di Kelurahan Patemon. (4/11/21)

Posbindu ini adalah singkatan dari pos pembinaan terpadu untuk penyakit tidak menular. Posbindu ini merupakan salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sekaligus promotif (peningkatan kesehatan) dan preventif (pencegahan penyakit) dalam menanggulangi penyakit tidak menular atau PTM.

Sasaran posbindu berbeda dengan sasaran posyandu yang lebih mencakup bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas dan wanita usia subur. Sasaran kegiatan posbindu ini meliputi masyarakat usia 15 tahun ke atas.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Patemon, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Mahasiswa KKN RDR-77 UIN Walisongo Semarang mendapat kesempatan untuk ikut serta membantu dalam kegiatan posbindu yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 4 November 2021 pukul 10.00 yang bertempat di rumah ketua RW 01 Kelurahan Patemon.

dokpri

Saat berlangsungnya kegiatan posbindu, warga dan masyarakat diwajibkan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer sebelum memasuki posko kegiatan posbindu, menggunakan masker dan menjaga jarak. Sebelum masuk ke tempat pemeriksaan, masyarakat di cek suhunya terlebih dahulu dengan menggunakan termometer. Setelah dirasa aman, masyarakat baru bisa mengikuti pemeriksaan di dalam posko kegiatan posbindu.

Kegiatan yang dilakukan dalam posbindu ini diantaranya yaitu penimbangan berat badan dan pengukuran lingkar perut. Selain itu juga terdapat cek tekanan darah dan gula darah yang dilakukan oleh petugas Puskesmas. Hasil pemeriksaan ini dicatat dan didata agar dapat mendeteksi dan memantau kesehatan masyarakat dari faktor resiko Penyakit Tidak Menular.

Dengan mengikuti kegiatan posbindu ini, saya jadi mudah mengetahui berat badan, kondisi tekanan darah, dan gula darah saya”.  Ujar Ibu Umi salah satu warga desa yang mengikuti kegiatan posbindu.

Kegiatan posbindu dilaksanakan setiap bulan secara bergilir di setiap RW yang ada di Kelurahan Patemon. Dengan adanya kegiatan posbindu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di kelurahan Patemon, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline