Lihat ke Halaman Asli

Anisah Heriani

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UINSU

Konsumsi Gizi Seimbang Pada Bulan Puasa Ramadhan

Diperbarui: 19 April 2022   00:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber ilustrasi :  copyright Tribun.com 


Pada bulan Ramadhan umat islam diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Selama berpuasa kita dilarang makan dan minum selama 13 jam mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Tentunya selama puasa kebutuhan nutrisi dan energi dalam tubuh harus terpenuhi dalam jumlah yang seimbang.

Terpenuhinya asupan gizi seimbang selama berpuasa untuk itu, kita perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang yang terdapat pada zat gizi makro dan mikro, seperti mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, buah-buahan, sayur, dan mineral dalam jumlah yang cukup.

Untuk itu pemilihan makanan yang kita konsumsi baik pada saat waktu berbuka puasa dan sahur harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita. Pada waktu berbuka puasa sebaiknya minum air putih terlebih dahulu dan makan 3 butir kurma. Jangan makan makanan yang terlalu berat pada saat berbuka. Kita dapat mengonsumsi buah-buahan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi karbohidrat. Mengonsumsi buah-buahan pada saat berbuka puasa dapat menggantikan cairan didalam tubuh selama kita menjalankan ibadah puasa.

Berikut ada beberapa tips mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang selama menjalankan ibadah puasa

  1. Makanan saat berbuka puasa

Pada waktu berbuka puasa kita tidak dianjurkan konsumsi makanan dalam porsi yang besar. Saat waktu berbuka puasa, sebaiknya minumlah 1 gelas air putih terlebih dahulu kemudian pilihlah makanan ringan yang manis seperti kurma ±3 butir, papaya, semangka yang sesuai dengan porsinya.

     2. Makanan setelah berbuka puasa

Setelah selesai melaksanakan shalat magrib kita dapat mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang bersumber dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh. Adapun jenis makanan yang dapat kita konsumsi setelah berbuka puasa, seperti nasi putih, lauk pauk dapat berupa (ikan sambal, ayam goreng, daging, telur), sayur sop brokoli, dan makanan penutupnya dapat berupa puding/agar-agar. Selain itu asupan cairan bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi air putih sebanyak 3 gelas.

    3. Makanan setelah selesai shalat taraweh

Apabila kita masih merasa lapar ketika selesai melaksanakan shalat taraweh, sebaiknya kita dapat mengonsumsi snack dan buah dalam porsi yang secukupnya saja. 

   4. Makanan pada saat sahur

Saat sahur makanan yang perlu kita konsumsi berupa makanan yang bergizi seimbang. Pilihlah makanan sumber karbohidrat kompleks, seperti nasi, gandum sereal, kentang, selanjutnya makanan sumber protein (telur, ikan, ayam, tahu, tempe, dan susu), sumber vitamin, makanan yang bersumber vitamin bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Selain itu, mengonsumsi air putih saat sahur sebanyak 2 gelas atau lebih sesuai kebutuhan tubuh kita.

Jadi, pemilihan makanan saat berpuasa harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita. Jangan makan terlalu berlebihan ketika berbuka puasa. Pastikan komposisi makanan yang kita konsumsi bergizi seimbang. Selama menjalankan ibadah puasa perhatikan asupan cairan dalam tubuh selalu tercukupi selama berpuasa, agar daya tahan tubuh kita dapat terjaga selama menjalankan ibadah puasa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline