Lihat ke Halaman Asli

Memenuhi Tugas Kelompok MPA FT UNJ 2014

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Tema essai : “ Pendidikan Masa Kini ”

Sebelum berbicara mengenai tema essai yang akan kita bahas, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa sih pengertian pendidikan itu sendiri?

Menurut saya, pendidikan adalah kebutuhan bagi setiap individu baik itu dikalangan anak-anak, remaja, dewasa, ataupun lanjut usia  sampai kapan dan dimanapun ia berada akan melekat sepanjang hayat. Karena manusia mutlak untuk dapat merasakan pendidikan di dalam kehidupannya, baik itu pendidikan dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat  dan lain sebagainya. Sebab, tanpa pendidikan manusia itu akan sulit untuk berkembang menjadi yang lebih baik dan bahkan akan menjadi yang terbelakang. Maka dari itu, pendidikan sangatlah penting untuk semua individu dan pendidikan harus selalu diarahkan agar dapat menghasilkan suatu individu yang berkualitas, memiliki kecerdasan yang tinggi, inovatif, dan kreatif dan yang penting mampu untuk bersaing di dunia zaman era globalisasi ini, dimana suatu zaman dengan teknologi yang semakin canggih dan perkembangan informasi yang semakin cepat dan relevan.

Tujuan pendidikan yang diharapkan semata-mata hanya untuk mencapai target  yang kita inginkan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki manusia seutuhnya dengan cara beriman dan bertakwa kepada sang pencipta yaitu Allah swt dan harus berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan tubuh,  baik kesehatan jasmani maupun rohaninya, kepribadian yang mantap, mandiri, serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas yang sedang dijalankan.

Dengan seiring perkembangan zaman, tuntutan pendidikan masa kini dan masa depan harus diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta sikap yang diambil, kepribadian dan moral manusia Indonesia yang paling diutamakan. Dengan kemampuan dan sikap manusia Indonesia tersebut yang demikian diharapkan dapat mendudukkan diri secara bermartabat di mata masyarakat dunia khususnya di era globalisasi ini.

Mengenai kecenderungan merosotnya pencapaian hasil pendidikan selama ini, langkah antisipatif yang perlu ditempuh adalah mengupayakan peningkatan partisipasi masyarakat terhadap dunia pendidikan, peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan, serta perbaikan manajemen di setiap jenjang, jalur, dan jenis pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah, khususnya di kabupaten atau kota sebaiknya dikaji terlebih dahulu keadaan obyektif dari berbagai unsur yang terkait khususnya yang mempengaruhi kualitas pendidikan saat ini. Seperti, keadaan tenaga pengajarnya. Apakah sudah menguasai kompetensi materi dan kualifikasi?, bagaimana guru dan siswa menyikapi kurikulum yang telah ditetapkan?, adakah sarana pendukung belajar lainnya?, dan sebagainya.

Dari hal-hal tersebut kita dapat menarik sebuah kesimpulan.  jadi, untuk meningatkan mutu pendidikan masa kini dan masa yang akan datang kita harus melakukan berbagai tindakan yang harus dilakukan dan dimulai dari diri  kita sendiri yaitu dengan melakukan serangkaian pembenahan atau perbaikan terhadap segala persoalan yang dihadapi khususnya yang mengenai peningkatan mutu pendidikan. Pembenahan itu dapat berupa konteks pembenahan terhadap kurikulum pendidikan yang dapat memberikan kemampuan dan keterampilan dasar minimal untuk anak tunas bangsa indonesia, menerapkan konsep belajar tuntas dan membangkitkan sikap kreatifitas untuk anak-anak indonesia penerus bangsa, demokratis, mandiri serta disiplin dalam berbagai aspek kehidupan. Perlu diidentifikasi unsur-unsur yang ada di daerah yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi proses peningkatan mutu pendidikan, selain pemerintah daerah, misalnya diadakannya kelompok pakar, paguyuban mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat daerah, media masa atau cetak daerah, situs internet, dan sanggar belajar. Hal tersebut sangatlah membantu proses berkembangnya mutu pendidikan yang lebih baik lagi pastinya, walaupun masih dalam skala yang kecil setidaknya sudah berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan masa kini agar tetap berkembang dengan mengikuti seiring perkembangan zaman di era globalisasi ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline