Lihat ke Halaman Asli

Keunggulan Pesawat yang Menjadi Transportasi Mudik Paling Diminati

Diperbarui: 4 Mei 2022   01:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mudik adalah agenda rutin yang biasa dilakukan masyarakat indonesia menjelang hari raya. Hari raya menjadi momentum yang istimewa untuk berkumpul dengan keluarga besar, untuk saling ber-silahturahmi dan merayakan hari raya dengan bersama yang mungkin hanya terjadi setahun sekali saja. 

Sudah hampir 2 tahun lamanya kita tidak merayakan hari raya lebaran dengan keluarga jauh. Tepatnya di tahun ini pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk merayakan lebaran di kampung halaman masing masing, dengan catatan harus memenuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan. maka dari itu di tahun ini banyak sekali pemudik yang meluangkan waktunya untuk mendatangi dan berkumpul dengan keluarga besar masing-masing.

Setiap agenda mudik datang, transportasi  umum menjadi andalan. Pasalnya, ketika hari raya datang banyak pemudik yang menggunakan transportasi umum untuk menjangkau wilayah yang mungkin relatif jauh dan memakan waktu banyak jika menggunakan kendaraan pribadi. Salah satu transportasi umum yang banyak di gunakan ialah pesawat. Pada perayaan arus mudik lebaran tahun 2022 penjualan tiket pesawat sangat laris manis. Bahkan banyak dari mereka yang merogoh kocek lebih dalam untuk membeli tiket dengan harga tinggi hanya untuk menggunakan transportasi umum ini.

Pesawat dinilai merupakan moda transportasi umum yang sangat aman dan cepat jika di bandingkan moda transportasi lainnya. Ditahun 2022 menurut Kementrian Perhubungan(Kemenhub) menyatakan bahwa pemudik tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 45% dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi. Maka dari itu, transportasi umum pun menjadi salah satu yang harus diperhatikan, salah satunya moda transportasi udara yaitu pesawat. Pesawat merupakan salah satu transportasi yang paling diminati karena cepat dan aman, pesawat bisa menempuh jarak yang jauh dengan waktu yang cepat. 

Selain pesawat bisa menempuh jarak yang jauh lebih cepat di banding dengan transportasi umum lainnya, pesawat juga memiliki keunggulan yang mungkin banyak dicari oleh masyarakat. Salah satunya fleksibilitas, maksudnya ialah dalam menentukan waktu dan hari, penumpang bisa dengan mudahnya menyesuaikan. Jika hari dan jam yang kita inginkan tidak bisa maka bisa berganti di jam selanjutnya. Tiket pesawat yang bisa fleksibel merupakan keunggulan dan bisa menjadi kenyamanan para penumpangnya karena kita bisa tau kapan keberangkatan pesawat dan bisa meminimalisir kejadian yang tidak terduga seperti tertinggal pesawat atau sebagainya. 

Pesawat juga merupakan jenis transportasi yang mampu mengangkut penumpang dengan kapasitas yang banyak dan bisa memilih kursi sesuai dengan yang kita inginkan namun melalui beberapa via aplikasi dan disesuaikan dengan maskapai. Keunggulan ini merupakan hal yang menurut beberapa penumpang menjadi kelebihan dalam menggunakan pesawat. Keunggulan selanjutnya ialah pesawat merupakan transportasi yang memiliki jangakauan yang luas, hampir dibeberapa provinsi di indonesia memiliki bandara pesawat sendiri bahkan tidak hanya provinsi. Saat ini banyak sekali kota yang sudah memiliki bandaranya sendiri, hal tersebut bisa memudahkan penumpang dan mampu membuat perjalanan dari kota ke kota menjadi singkat jika menggunakan transportasi udara.

Dan keunggulan yang menjadi favorit yang dimiliki pesawat ialah pelayanan yang memuaskan karena transportasi ini merupakan transportasi dengan bayaran yang mahal. Maka tingkat pelayanan yang ada di pesawat wajib juga di acungi jempol. Dengan pelayanan yang memuaskan mampu membuat penumpang yang menggunakan transportasi ini menjadi nyaman dan perjalanan yang ditempuh pun tidak terasa. Kenyamanan yang dimiliki pesawat mampu membuat penumpang menjadi nyaman dan merasa aman dan transportasi ini juga tidak akan mengalami kemacetan, tidak seperti yang terjadi dengan Transportasi lainnya.

Maka dari itu, pesawat merupakan salah satu transportasi yang banyak di gunakan dalam mudik tahun 2022 dengan beberapa keunggulan yang ada di dalamnya. Dan masih menjadi favorit dalam transportasi umum untuk mengindari kemacetan dan mempersingkat waktu dalam perjalanan mudik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline