Lihat ke Halaman Asli

Anisa Aulia

Mahasiswa

Penerapan Metode "Cost Plus Pricing" dalam Keputusan Penetapan Harga Jual Pada Cacing di UMKM WW. Saputra

Diperbarui: 28 Mei 2024   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PROFIL USAHA

1. Nama Pemilik : Bahrudin
2. Nama Usaha : WW. SAPUTRA
3. Jenis Usaha : Ternak cacing
4. Tahun Berdiri : 2023
5. Lama Usaha : 8 Bulan
6. Jumlah Produksi per 3 bulan : 6 kg/box
7. Harga Jual Produk : 5000/cup

Ternak Cacing

Peternakan cacing tanah relatif mudah dilakukan dan tidak memerlukan perawatan khusus seperti ternak hewan lainnya. Cacing tanah memiliki habitat di tanah dan memiliki indra penciuman untuk mencari makanan. Cacing tanah digunakan sebagai pakan ikan dan dijual kepada toko wisata dan toko pemancing.

Metode Cost Plus Pricing

Metode cost plus pricing merupakan metode penentuan harga melalui pendekatan biaya yang didasarkan atas biaya produksi maupun biaya non produksi yang tidak lepas dari penentuan harga pokok produksi. Pada metode cost plus pricing semakin perusahaan memproduksi dalam jumlah yang banyak maka harga jualnya semakin murah, sebaliknya semakin perusahaan memproduksi dalam jumlah yang sedikit maka harga jual semakin mahal.

Dengan model persamaan cost plus pricing biasa dihitung dengan menggunakan rumus : 

Harga Jual = Total Biaya + Margin

Dimana margin merupakan persentase laba yang diinginkan atau yang diharapakan.

Harga jual 

Harga jual adalah jumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau nilai yang ditukar konsumen atas manfaat yang diperoleh dari memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline