Lihat ke Halaman Asli

Anisa Anisa

Mahasiswa

Tetap Hidup Sehat Selama Masa Pandemi, Bagaimana Caranya Nih?

Diperbarui: 26 Juli 2022   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Masa pandemi covid-19 merupakan wabah penyakit menular yang melanda beberapa Negara, diantaranya ialah Negara Indonesia. Indonesia sendiri merupakan Negara yang sebagian penduduknya banyak tertular oleh covid-19, karena kurangnya mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

Sebagian orang yang tertular covid-19, memiliki gejala dari yang ringan hingga berat. Hal tersebut bisa saja terjadi karena faktor umur maupun faktor kekebalan tubuh, semakin kuat imun yang kita miliki maka akan semakin kecil kemungkinan diri kita dapat tertular covid-19 tersebut.

Maka dari itu kita harus menyadari terlebih dahulu bahwa imun yang kuat berasal dari dalam tubuh yang sehat, semakin sehat tubuh kita akan semakin kecil pula kemungkinan diri kita dapat tertular covid-19 dimasa pandemic sekarang. Contoh hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dimasa pandemi adalah  sebagai berikut :

Perbanyak makan buah atau sayuran

Buah dan sayur merupakan makanan yang bisa menambah kekuatan sistem kekebalan tubuh karena banyak sekali mengandung zat-zat baik atau vitamin. Kalian bisa mengonsumsi keduanya secara terus-menerus atau secara rutin khususnya pada pagi hari.

Hindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji merupakan makanan yang dapat disajikan tanpa menggunakan waktu yang lama atau bisa dikatakan bahwa makanan cepat saji yakni makanan yang sangat praktis. 

Tetapi siapa sangka, bahwa ternyata makanan ini mengandung kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh. Jika sering mengonsumsi makanan cepat saji ini maka kamu dapat beresiko mengalami resistensi isulin dan diabetes tipe 2.

Melakukan olahraga selama minimal 30 menit

Olahraga juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan berolahraga tubuhmu akan menjadi lebih sehat dan bugar serta akan jarang terpapar penyakit seperti covid-19


Selalu menjaga kebersihan

Meskipun hanya berada di dalam ruangan, kita tetap harus memikirkan kebersihan diri dan lingkungan sekitar tentunya. Salahsatunya dengan cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun di bawah air yang mengalir selama minimal 30 detik secara berkala. Saat tangan kotor, sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, setelah beraktivitas. 

Pada saat batuk atau bersin, pastikan kalian menutupi hidung dan mulut dengan dengan tisu. Setelah beraktivitas diluar ruangan, segera bersihkan diri kalian dengan cara mandi.


Itulah sedikit tips yang mungkin bisa kalian lakukan dimasa pandemi, semoga kita semua dapat terhindar dari tertularnya covid-19. Selamat beraktivitas dan menjalankan hari dengan penuh gembira, sehat selalu teman-teman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline