Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo Mengikuti KKN Internasional Kolaborasi dengan Masyarakat Lokal untuk Peningkatan Literasi dan Budaya

Diperbarui: 9 Agustus 2024   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sanggar Belajar Al-Amin Segambut/dok. pri

Malaysia, 9 Agustus 2024 -- Mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang tergabung dalam program KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kemitraan Internasional telah memulai kegiatan mereka di SB Ampang, SB Hulu Kelang, SB Segambut, SB Wiradamai, SB PPWNI Klang, SB Pahang semenanjung Malaysia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan kesadaran budaya di kalangan masyarakat lokal melalui berbagai inisiatif dan kegiatan kolaboratif.

Sejak kedatangan para mahasiswa, mereka aktif berpartisipasi dalam berbagai program edukasi dan budaya. Salah satu kegiatan utama adalah pelatihan literasi bagi anak-anak dan remaja setempat. Para mahasiswa memberikan bimbingan dalam membaca dan menulis, serta memperkenalkan metode pembelajaran interaktif yang menarik minat anak-anak untuk belajar dan menceritakan keindahan Indonesia.

Selain itu, program KKN ini juga fokus pada peningkatan kesadaran budaya. Mahasiswa dan masyarakat lokal bekerja sama dalam berbagai kegiatan yang mempromosikan warisan budaya setempat. Ini termasuk mengajarkan seni tradisional untuk memperkenalkan kekayaan budaya daerah kepada generasi muda.

"Kami sangat senang bisa berkontribusi dalam program ini. Kami belajar banyak dari masyarakat lokal dan berharap bisa memberikan dampak positif, terutama dalam bidang literasi dan pelestarian budaya," ujar Pradipta Putri dkk, salah satu peserta KKN.

Dukungan dari Asosiasi LPTK -- PTMA turut berperan dalam kesuksesan program ini. "Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari mahasiswa-mahasiswa ini. Kerjasama seperti ini sangat penting untuk membangun masa depan yang lebih baik," kata Dr. Happy Susanto, MA, selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Program KKN Kemitraan Internasional ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat lokal tetapi juga bagi para mahasiswa, yang mendapatkan pengalaman berharga dalam bekerja sama dengan berbagai pihak di lingkungan yang berbeda. Program ini diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi contoh bagi inisiatif serupa di masa depan, " kata Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, selaku WR I UMS sekaligus Koordinator Program KKN KI.

Diana Pramudya Wardhani, S.E., M.M.

SB Al-Amin Segambut/dok. pri

SB Wira Damai/dok. pri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline