Lihat ke Halaman Asli

Anisa

Mahasiswa

UPAYA MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Diperbarui: 28 Mei 2024   13:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Anisa dan Vera Sardila, M.Pd.

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstrak

Minat membaca adalah hasrat atau keinginan yang mendorong seseorang untuk membaca buku ataupun tulisan dengan kemauan sendiri, dan timbul rasa senang saat melakukannya. Kegiatan membaca ini sangat penting, karena dengan membaca, seseorang khususnya pelajar akan terbantu dalam mencapai hasil belajar yang baik, dan memperoleh hasil yang memuaskan, serta dapat meningkatkan pengetahuan. Kurangnya minat para pelajar terhadap membaca, akan berpengaruh pada hasil belajarnya. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menumbuhkan minat membaca. Melalui upaya tersebut, nantinya akan menumbuhkan minat membaca dan menjadi langkah untuk keberhasilan belajarnya.

Kata Kunci: Minat Membaca, Upaya, Hasil Belajar

I. PENDAHULUAN

Dalam meningkatkan hasil belajar, tentunya para pelajar memerlukan pengetahuan serta wawasan. Hal ini dikarenakan, dalam kegiatan pembelajaran, seorang pelajar akan mudah memahami materi yang diajarkan. Selain itu, para pelajar seharusnya memiliki pengetahuan serta wawasan, agar kegiatan belajarnya dapat berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang baik pula.

Kegiatan membaca sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Selain itu, dalam meningkatkan literasi di era digital ini, juga bisa didapatkan melalui kegiatan membaca. Para pelajar yang merupakan orang terdidik, seharusnya tidak lekang dengan kegiatan membaca. Untuk menjadi pelajar yang berpengetahuan serta berwawasan luas, kegiatan membaca seharusnya menjadi satu kebutuhan. Namun pada kenyataannya, rata-rata para pelajar tidak memiliki minat membaca. Maka dari itu, diperlukan upaya yang harus dilakukan untuk menumbuhkan minat membaca tersebut.

II. PEMBAHASAN

Menurut Bangsawan (2023:2-3), minat baca sangat penting untuk meningkatkan keterampilan membaca dan memperluas pengetahuan seseorang. Minat baca adalah kecenderungan atau hasrat seseorang untuk membaca buku atau tulisan tertentu yang dapat tumbuh dan berkembang melalui motivasi dan gairah dalam membaca. Lingkungan yang kondusif, seperti suasana kekeluargaan di rumah, dapat membantu menumbuhkan minat baca sejak usia dini. Selain itu, minat baca juga dapat dilihat dari cakupan dan isi bacaan yang dipilih serta intensitas kegiatan membaca yang dilakukan. Ketertarikan pada hal-hal khusus yang dibaca dan perasaan senang yang dihasilkan dari membaca juga dapat meningkatkan minat baca seseorang. Oleh karena itu, minat baca sangat penting untuk membantu seseorang mencapai tujuan belajar optimal dan meningkatkan keterampilan membaca serta pengetahuan yang dimilikinya.

Sedangkan menurut Herlinyanto (2019: 23), minat membaca merupakan kekuatan yang mendorong seseorang (pembaca) untuk memperhatikan, merasa tertarik, dan senang terhadap aktivitas membaca sehingga pembaca mau melakukan aktivitas membaca dengan kemauan sendiri. Pentingnya minat membaca bagi siswa akan membangun kepribadian, dan kemampuan intelektual siswa. Misalnya, siswa dapat menemukan gagasan-gagasan yang menyangkut tugas, meluaskan pengetahuan tentang suatu bidang, dan merangsang pikiran dalam mengontekstualkan argumen dengan mengaitkan pada hal-hal yang dituliskan orang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline