Tiktok yang merupakan platform media sosial yang memuat berbagai hal menarik tak terkecuali produk makanan, seperti beberapa waktu lalu viral seblak dengan julukan "seblak cobek ala Rafael" dan ada juga makanan manis beku berbahan buah-buahan dengan coklat di bagian luar nya atau dikenal dengan "Es Kul Kul", serta yang terbaru saat ini adalah kromboloni yang di buat menggunakan adonan pastry.
Banyak ragam makanan yang dijadikan konten oleh para pengguna tik tok untuk meraih jumlah penonton dan like yang banyak ataupun ada yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.
Dari banyak macam makanan yang di jadikan konten dengan menarik dan kekinian serta menggugah selera, membuat para pengguna tik tok penasaran terhadap rasa makanan tersebut. Sehingga banyak yang mencari cari dimana ada orang menjual makanan seperti yang mereka tonton di tiktok dan ini peluang besar bagi anak muda kreatif, dengan memanfaatkan peluang ini dan mulai menjual makanan yang sedang dicari cari oleh orang yang sangat ingin mencoba bagaimana rasa makan tersebut.
Menjual makanan yang sedang viral dan dicari cari oleh orang tentunya akan mendatangkan keuntungan bagi pengusaha nya, apalagi bila di barengi dengan rasa makanannya yang enak sudah tentu orang orang akan berbondong-bondong untuk membeli.
Untuk cara memasak dan tips trik memasak makanan viral ini sudah pasti banyak berseliweran di tik tok dan YouTube, dari sana para anak muda dapat melihat, meniru, dan memodifikasi makanan agar lebih menarik dan enak.
Paling besar pengaruh nya terhadap penjualan produk adalah promosi. Promosi yang paling cepat tentu melalui konten di media sosial, karena dapat menjangkau semua orang tanpa batas dimana mana tempat dengan konten yang memuat makanan enak dan tampilan menarik, kemasan menarik, serta dibarengi dengan kualitas dan editing konten yang kekinian semakin menarik penonton untuk menonton dan mencari tau tentang produk makanan yang kita jual. Maka hal ini akan memperbesar peluang produk yang di jual semakin banyak di beli.
Dengan kemudahan yang ada saat ini membuat konten untuk tujuan promosi produk yang di jual bukan lah hal sulit apalagi bagi para anak muda, karena sudah banyak tersedia tamplet tamplet yang menarik dan bisa langsung di gunakan melalui berbagai aplikasi editing baik yang gratis ataupun berbayar.
Namun, tidak hanya mengharapkan tamplet saja tetapi bisa juga mengedit sendiri menggunakan aplikasi yang sekarang banyak tersedia, karena bagi anak muda yang umumnya lebih cepat belajar dan kreatif bisa menonton tutorial editing di YouTube untuk mendapatkan ilmu terkait editing dan menunjang usaha nya.
Para anak muda yang biasanya tak terlepas dari kecanggihan teknologi setiap harinya, tentu bukan hal sulit untuk mendapatkan informasi lengkap tentang apa saja yang sedang viral saat ini dan peluang seperti apa yang ada saat ini. Dengan demikian diharapkan anak muda semakin kreatif dan pandai melihat peluang usaha di era modern ini agar dapat menunjang perekonomian dan mandiri. Hal ini juga akan mengurangi tingkat kemiskinan dan mengurangi tingkat pengangguran saat ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H