Lihat ke Halaman Asli

Tim Universitas Muhammadiyah Purworejo Kembangkan Inovasi Pupuk Organik Cair untuk Tanaman Palawija

Diperbarui: 27 Agustus 2021   19:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Proses pemupukan saat ini banyak menggunakan pupuk kimia. Penggunaan bahan kimia buatan baik pupuk maupun pestisida untuk meningkatan produksi pertanian dapat merusak lingkungan. Pupuk kimia industri terdiri dari nitrogen, fosfor dan kalium yang jika dipakai secara berlebihan menyebabkan polusi udara, air, tanah serta meningkatkan kandungan hara di Perairan.

Fenomena tersebut dapat mengurangi atau menghilangkan beberapa unsur hara yang tersedia sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. Akan tetapi penggunaan jangka panjang pupuk kimia an-organik akan menyebabkan tanah menjadi keras. Hal ini dikarenakan residu sulfat dan dan kandungan karbonat yang terkandung dalam pupuk dan tanah bereaksi terhadap kalsium tanah, sehingga menyebabkan sulitnya pengolahan tanah.

Tim Universitas Muhammadiyah Purworejo mengembangkan bisnis kreatif pupuk organic dengan nama 'GELIS'. Tim ini beranggotakan Arif Adi Sutrisno, Nur Hadi Pangsetu, Bayu Adi Nugroho, Asto Wisanggeni dan Wahyu Kuncoro Edi yang didampingi oleh Dwi Jatmoko sebagai Dosen Pendamping.  GELIS dibuat sebagai salah satu pemanfaatan limbah yang jarang dimanfaatkan seperti bonggol pisang, sabut kelapa dan limbah cair tahu yang digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair untuk tanaman palawija.

Dokumentasi pribadi

GELIS digunakan untuk membantu menyuburkan tanah dan menjaga kelembapan tanah, sehingga tanaman palawiija akan mudah tumbuh. Bonggol pisang mengandung unsur hara diantaranya adalah kalsium sebesar 16%, kadar kalium sebesar 23% dan kadar fosfor sebesar 32% . Sedangkan sabut kelapa memiliki kandungan unsur-unsur hara yaitu berupa kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg), natrium (Na) dan fosfor. Kalium merupakan salah satu unsur yang diperlukan bagi tanaman. Limbah cair tahu memiliki kandungan yang dapat meningkatkan pertumbuh tanaman.

Bahan-bahan tersebut ditambahkan EM4 sebagai bakteri pengurai dan tetes tebu sebagai sebagai makan bakteri pengurai yang terkandung di EM4. Hasil kombinasi bahan-bahan tersebut menjadi efektif untuk meningkatkan produktivitas tanaman palawija agar mudah tumbuh dan berbuah.

Bonggol pisang dan sabut kelapa didapatkan dari kebun yang ada di Desa Jenar, Kecamatan Purwodadi. Sedangkan limbah cair tahu didapatkan dari produsen tahu di sekitar Kecamatan Purwodadi. Hadirnya GELIS ditujukan untuk menjawab keraguan petani akibat adanya efek samping pupuk organik pada produk-produk sebelumnya.

Pengembangan Produk Pupuk Cair Organik GELIS merupakan salah satu bentuk hibah pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan yang didanai oleh Kemdikbudristek pada tahun 2021.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline