Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Personal Grooming, Personal Branding, dan Public Speaking dalam Dunia Perbankan

Diperbarui: 16 Desember 2023   23:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bank merupakan lembaga keuangan yang berbisnis layanan dan jasa. Dan untuk perbankan syariah adalah sistem keuangan yang menggunakan prinsip bagi hasil, artinya apabila perusahaan mengalami keuntungan dan kerugian, maka hal tersebut bisa ditanggung secara bersama. Tujuan perbankan syariah ini untuk menyejahterakan masyarakat secara adil, dan menunjang pembangunan yang berkelanjutan.

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, maka perbankan perlu melakukan pelatihan terhadap karyawan meliputi personal grooming, personal branding, dan public speaking. Ketiga hal tersebut sangat berpengaruh terhadap merek atau reputasi suatu perusahaan.
 
Personal grooming merupakan seni dalam merawat diri untuk meningkatkan penampilan fisik dan kesehatan secara keseluruhan. Penampilan diri dalam suatu bank ini dapat mencerminkan nilai professionalitas dan kebersihan dalam berhubungan dengan nasabah. Hal ini mencakup bagaimana cara berpakaian yang pantas, merawat rambut, dan merawat kulit. Seragam dan pakaian formal juga dibutuhkan dalam insudtri perbankan. Terdapat manfaat personal grooming antara lain untuk meningkatkan rasa percaya diri, menciptakan kesan yang positif, dan menujukkan sifat kedisiplinan dan rasa tanggung jawab.
Personal branding merupakan langkah dalam memasarkan diri kita terhadap bagaimana diri kita dinilai orang lain. Atau bisa dikatakan upaya menciptakan atau mempengaruhi seseorang dalam persepsi public. Personal branding ini meliputi personality, kamampuan, reputasi, ataupun kreditabilitas tertentu.

Personal grooming dan personal branding sangat penting diterapkan di dunia industri perbankan. Seperti harus memperhatikan penampilan dan ketentuan yang wajib bagi seorang laki-laki yaitu menggunakan parfume, deodorant, sisir, pomade, dan pakaian yang rapi. Kemudian untuk wanita diwajibkan  menggunakan bedak, tone, alis, eyeshadow, eyeliner, maskara, blashon, lipstick (make up yang bijak ), parfume, deodorant dan jilbab yang rapi.

Public speaking adalah  proses dalam penyampian komunikasi secara lisan dengan melibatkan audience. Public speaking dalam industri perbankan sangat penting guna menjalin hubungan antar nasabah atau pelanggan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam melakukan aktivitas. Terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan saat berbicara dalam konteks perbankan antara lain:
1.Para pegawai harus mampu menyampaikan informasi atau saran ketika sedang berinteraksi kepada nasabah dengan jelas dan mudah dipahami.
2.Menampilkan rasa percaya diri, guna membangun kepercayaan dari nasabah atau pemangku kepentingan lainnya.
3.Pastikan seorang banker harus menguasai materi untuk mengatasi keluhan atau pertanyaan yang mungkin muncul dari nasabah.
4.Pastikan seorang banker berpenampilan sesuai standar perbankan seperti personal grooming dan personal branding.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline