Lihat ke Halaman Asli

Anin Lihi

Pecinta Ilmu

MGMP PAI SMP Provinsi Maluku Kembali Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Karya Ilmiah

Diperbarui: 30 Mei 2023   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Probadi

MGMP PAI SMP Provinsi Maluku kembali menggelar pelatihan penulisan Artikel Karya  ilmiah.
Kegiatan berlangsung pada hari Senin, 29 Mei 2023 pukul 09:30 hingga 15:30. Di MTsN Kebun Cengkeh, Kota Ambon. Kegiatan itu diikuti seluruh guru PAI di Provinsi Maluku dan dilaksanakan secara offline dan online Melalui zoom meeting, peserta yang hadir secara offline sebanyak 20 orang dan hadir  via Zoom  meeting sebanyak 103 peserta. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah bapak Fahruh Juhaevah, M.Pd,  Dosen IAIN Ambon juga peneliti dan pengelola jurnal IAIN Ambon.


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kabid Pakis Kemenag Provinsi Maluku, Ibu Farida Laisouw, S.Pd., M.Pd dan didampingi oleh KASI Pendidikan Dasar Kemenag Provinsi Maluku, Ibu Rugaya Tidore.

Sebelum membuka acara, Farida Laisouw dalam sambutannya berharap kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan dengan maksimal. Sehingga kegiatan pelatihan itu tidak hanya sekedar  kegiatan duduk kumpul.  Lebih lanjut, Farida Laisouw meminta agar guru-guru PAI di Provinsi Maluku memiliki semangat menulis Artikel Ilmiah minimal jenis PTK dan semangat itu harus hadir atas kesadaran para guru PAI sendiri. Apalagi hasil karya ilmiah guru sangat berdampak positif pada karir guru PAI dan kemampuan guru PAI mengetahui dan menemukan solusi bagi belajar siswa dan  bisa meningkatkan kualitas mengajar.

Harapan yang sama, sebelumnya juga disampaikan oleh Ketua MGMP PAI SMP Provinsi Maluku Hj. Ratna Malawat, S.Ag.,M.Pd. saat memberikan sambutan. Sambutan itu, didahului dengan ucapan rasa syukur. Malawat juga mengajak seluruh guru PAI untuk bersyukur, sebab MGMP PAI SMP Provinsi Maluku sudah memiliki Jurnal sendiri. Hal ini seperti yang tertulis dalam naskah sambutannya.

Foto Pribadi


"Alhamdulillah hari ini MGMP PAI  kembali melaksanakan Kegiatan pelatihan penulisan Karya Ilmiah, kegiatan serupa pernah dilaksanakan pada awal Tahun 2022 di bulan Januari dan bulan Juli tahun yang sama serta sekarang melaksanakan Kegiatan serupa. Jadi, kita patut bersyukur MGMP PAI sudah punya Jurnal sendiri." Tutur Malawat.

Lebih lanjut Malawat mengatakan bahwa kegiatan pelatihan selalu dilakukan dengan maksud memantapkan dan meningkatkan kemampuan guru PAI Provinsi Maluku dalam menulis karya ilmiah yang baik dan benar dan lebih penting bisa dipublikasikan dalam jurnal al-Fatih.

Malawat juga berharap, agar seluruh guru PAI memaksimalkan kemampuan literasi menulis. Sebab, Jurnal Al-Fatih harus menerbitkan dua kali dalam setahun. Ia juga berharap, kegiatan pelatihan hari ini bisa melahirkan minimal 30 naskah Karya Ilmiah utk penerbitan berikutnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline