Assalamualaikum wr.wb.
Salam Guru Penggerak
Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan!
Pembaca yang budiman, bertemu lagi dengan Saya Aning Suhaeni, S.Pd.I. Calon Guru Penggerak angkatan 7 Kabupaten Kuningan. Setelah mempelajari Modul 3.2. tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, Saya akan merefleksikan materi tersebut dalam Jurnal Refleksi Dwi Mingguan. Saya menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings dan Future) atau 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Penerapan) dalam melakukan refleksi modul 3.2 ini.
1. FACTS (Peristiwa)
Mempelajari modul 3.2. dimulai pada tanggal 2 Mei 2023, seperti biasa Kami CGP menggunakan Alur MERDEKA dalam memperdalam materi di Modul 3.2. Pada modul 3.2 ini Kami mempelajari tentang pengelolaan sumber daya dengan ABT (Aset Based Thinking). Diawali dengan Mulai dari Diri Kami menjawab beberapa pertanyaan pemantik tentang ekosistem sekolah, mengelola sumber daya, peran pemimpin ideal dan apa saja harapan Kami sebagai pemimpin pembelajaran setelah mempelajari modul ini. Pada alur eksplorasi konsep Kami berdiskusi tentang filsafat pendidikan, pengajaran, dan Kebudayaan Ki Hajar Dewantara tentang pembelajaran holistik dalam filosofis pendidikan budi pekerti sebagai berikut: Dalam konteks pendidikan Indonesia saat ini, pemimpin dalam pengelolaan sumber daya menjadi salah satu proses "menuntun" kemerdekaan belajar murid dalam pembelajaran di sekolah. Harapannya proses penerapan kepemimpinan dalam pengelolaan sumber daya dapat menjadi langkah yang tepat bagi guru dalam mencapai tujuan kemerdekaan dalam belajar bagi murid.
Alur berikutnya yaitu ruang kolaborasi satu yang dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2023 merupakan pertemuan Kami dengan Fasilitator untuk membahas pembagian kelompok dan tugas diskusi dan harus Kami presentasikan di Ruang Kolaborasi dua hari berikutnya. Demonstrasi Kontekstual yaitu Kami ditugaskan untuk menganalisis video tentang seorang guru di SD Cipanas dalam mewujudkan kelas yang aman dan nyaman berdasarkan ABT (Aset Based Thinking). Pada tanggal 10 Mei Kami masuk di kelas Elaborasi bersama instruktur untuk membahas mengenai materi pemimpin danpengelolaan sumber daya. Setelah selesai tugas Demonstrasi Kontekstual, Saya membuat Koneksi antar materi dan dilanjutkan dengan membuat rencana Aksi Nyata.
2. FEELINGS (Perasaan)
Pertama kali merasa bingung bagaimana cara mengidentifikasi aset yang dimiliki sekolah, bagaimana praktik pemimpin dalam pengelolaan sumber daya tapi setelah mengikuti alur eksplorasi konsep, ruang kolaborasi dan juga elaborasi bersama instruktur Saya menjadi lebih jelas tentang pemimpin dan pengelolaan sumber daya. Saya menjadi lebih percaya diri lagi dalam mengenali dan menemukan hal-hal yang positif dalam kehidupan, dengan menggunakan kekuatan aset sebagai dasar pemikiran sehingga menemukan potensi yang positif pula. Dengan mengidentifikasi aset yang dimiliki sekolah kita dapat mewujudkan perubahan untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berpihak pada murid.
3. FINDINGS (Pembelajaran)