Lihat ke Halaman Asli

Experiental Learning dan Create Money Without Moner bersama Grow With Art

Diperbarui: 3 Juli 2023   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Proses pembelajaran berbasis experiential learning adalah pendekatan pembelajaran yang fokus pada pengalaman langsung dan praktik untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang lebih mendalam. Pendekatan ini didasarkan pada prinsip bahwa siswa belajar lebih baik melalui pengalaman langsung, refleksi, dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Pada mata kuliiah kewirausahaan yang diterapkan di fakultas bisnis dan ekonomika universitas atma jaya Yogyakarta, pada tahun ajaran 2023, memberikan pembelajaran berbasis experiental learning yang diajarkan oleh dosen pengampu dengan memberikan pengalaman dan praktik dalam memperoleh bagaimana cara mahasiswa memdapatkan pembelajaran menganai usaha yang memberikan dampak positif terdahap lingkungan maupun orang sekitar. Di matakuliah ini dosen pengampu memberikan pengalaman dengan cara mengajak mahasiswa untuk membuat event dengan tema art and chatiry. Pada event ini mahasiswa diberikan peluang untuk membuat usaha dan hasil usaha tersebut akan diberikan atau disumbangkan kepada yang membutuhkannya.

Create money without money merupakan kegiatan untuk menciptakan uang. Pada matakuliah kewirausaahaan mahasisawa diajarkan untuk mendapatkan uang melalui kegiatan charity. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan ilmu bagaimana cara untuk mengolola dana dalam suatu kegiatan. Dengan create without money mahasiswa diberikan peluang untuk mengumpulkan dana dan membagikan hasilnya untuk disumbangkan kepada yang membutuhkannya.

Dalam dunis bisnis, create money without money sudah sangat melekat kepada pemilik usahan guna mendapatkan keuntungannya. Create money without money merupakan strategi yang memanfaatkan keterampilan, pengetahuan, dan sumber daya yang ada untuk menciptakan nilai atau kesempatan bisnis. Hal ini bisa mencakup manfaat bagi pemiliki usaha atau mitra dengan memanfaatkan media sosial dan kolaborasi bersama team untuk memproduksi produk maupun layanan kepada konsumen.

Grow With Art merupakan suatu event yang dilakasanakan oleh kelompok kelompok kewirausahaan guna untuk menciptakan create money without money dengan menerapkan basis experiential learning. Grow with art dapat diartikan sebagai tumbuh dengan seni. Pada event ini grow with art melaksakan event dengan tema art and charity. Kegiatan ini mengajak peserta untuk melakukan kegiatan melukis mewarnai di canvas sesuai dengan nomor yang terdapat pada produk tersebut. Selain adanya kegiatan melukis, grow with art menyediakan free minuman untuk menikmati acara dan untuk menyaksikan live music yang dibawakan oleh team kami. Acara kami dilaksakan pada tanggal 10 Juni 2023 tepatnya di Yogyatourium Dagadu.

Untuk menyukseskan acara, kami mengajukan sponsorship guna membantu acara kami dapat berjalan secara lancar. Adapun beberapa kolaborasi yang menjadikan acara ini berjalan, yakni Archa Project sebagai seniman yang membantu kami untuk memproduksi produk dan seniman untuk mengarahkan peserta dalam mewarnai, Kolega Coffee Yogyatourium sebagai tempat terlaksanaknya kegiatan Grow With Art, dan Adapun betuk sponsorship dari Agung Digital Printing sebagai tempat Grow With Art mencetak banner dan sebagainya.

Dengan terlaksananya acara ini hasil penjualan produk ini akan dibagikan kepada yang membutuhkannya. Hasil penjualan ini kami sebagai team memberikan sedekah berupa konsumsi kepada masyarakat Yogyakrta dengan memberikan sumbangan. Untuk menyalurkan sumbangan tersebut team kami memiliki cara untuk membagikannya dengan cara terjun ke jalan raya untuk membagikan konsumsi yang sudah kelompok kami siapkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline