Lihat ke Halaman Asli

Anindya Citra

Cuma Rakyat Biasa

Summer Vibes Episode 2. William Part 1

Diperbarui: 26 Mei 2024   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: [Instagram] William Singe

William terlahir dengan nama asli Liam Anthony Singe di Forestville Sydney Australia, 2 Juli 1992, dan mendapat nama baptis William, sehingga dia menggunakannya untuk nama panggilannya dan nama bekennya. William lahir dari pasangan Raymund Singe dan Susan Lauren.

Raymund Singe adalah pengusaha sukses berdarah Maori New Zealand. Ayah kandung Raymund adalah pemuda asli suku Maori. Menikah dengan perempuan asli Forestville dan mereka menetap di sana. Sedangkan Susan Lauren adalah perempuan asli Forestville, tetangga jauh Raymund. Dia cantik dan baik hati. Sangat cantik malah, sehingga bisa menarik hati Raymund yang sudah sukses sejak usia dini. Mereka menikah dan menetap di Sydney. Mereka mengembangkan usaha ekspor impor dan jaringannya luas hingga ke beberapa negara. Mereka hanya mempunyai satu orang anak yaitu William seorang.

Ketika melahirkan William, Susan seperti mendapat mimpi dari orang tuanya (ayah dan ibunya meninggal dalam kecelakaan mobil ketika Susan kuliah dan menjadikannya harus kerja banting tulang untuk menghidupi dirinya sendiri) untuk melahirkan anaknya di Forestville. Maka William lahir di sana. Namun setelah itu dia kembali memboyong anaknya ke Sydney dan William besar di sana.

William mempunyai segalanya. Uang, rumah yang besar, usaha sejak usia dini, investasi, deposito, dan segalanya. Tapi dia tidak mempunyai satu hal yang dilupakan oleh kedua orang tuanya, yaitu kasih sayang.

Orang tuanya sudah seperti gila kerja dan mereka seakan sudah melupakan William. Mereka tidak pernah mendidik anaknya bagaimana hal yang baik di rumah maupun di sekolah, mereka tidak pernah mengantarnya pergi bermain ke playground atau ke taman, mereka juga tidak pernah mengantarnya pergi ke sekolah, atau pergi ke gereja. William mendapatkan itu semua secara otodidak. Dia meniru teman-temannya, dan ada kalanya juga dari saran pengasuhnya, atau dari nalurinya sendiri.

Dia sangat kesepian, tanpa kehadiran saudara, dan hidupnya terasa sangat bosan. Satu-satunya orang yang bisa membimbingnya menjadi lebih baik dan memantaunya secara langsung adalah neneknya (ibu ayahnya) yang ada di Forestville. Setiap akhir pekan dia kesana. Menceritakan hidupnya seminggu itu. Bagaimana sekolahnya, bagaimana teman-temannya bersikap terhadapnya, dan bagaimana orang tuanya belum juga pulang.

Neneknya menghiburnya dan menasihatinya. Dia sangat sayang neneknya. Hanya saja waktu berjalan cukup cepat sehingga lambat laun kesehatan neneknya juga mulai terganggu. Di usia senjanya dia lebih sering sakit, dan lebih susah dimintai saran ketika William sangat membutuhkannya di usia remajanya. Dia benar-benar sangat kesepian.

Dia merindukan saat dimana dia masih kecil, dan orang tuanya masih sering pulang untuk menengoknya. Ibunya sering menyanyikan lagu untuk William di kebun belakang rumahnya. Suara ibunya sangat indah. Dan William juga sering mendapati ibunya menyanyikan lagu untuk ayahnya. Ketika William ingin dinyanyikan lagu yang sama oleh ibunya, ibunya hanya tertawa dan mengatakan lagu itu hanya untuk ayahnya.

Kemudian dia menyanyikan lagu untuk William seperti lagu tentang bintang di langit, lagu tentang huruf dan angka, lagu sambil menari, dan lagu tentang hewan-hewan. Walaupun tidak sama dengan lagu yang dinyanyikan untuk ayahnya, William tidak masalah, asalkan dia bisa terus mendengarkan ibunya menyanyi. Suaranya benar-benar enak. Dan ketika ibunya tidak pulang, dia kerap mengatasi kangennya dengan bernyanyi seperti ibunya. Itulah kenapa dia menjadi sangat suka musik dan bernyanyi. Itu hobinya sejak kecil. Hobi yang terpaksa dilakukannya untuk mengatasi rasa bosannya di rumah dan rasa kangennya terhadap orang tuanya. Terutama ibunya.

William memang memiliki segalanya. Uang, semua tentang uang yang dikirim oleh orang tuanya. Namun dia tidak menginginkan itu. Dia sering kali membeli segalanya dengan uang. Nilai-nilainya yang jelek di sekolahnya dan teman-temannya yang hanya mau datang karena William punya segalanya. Dia tidak bisa percaya dengan sebagian banyak orang karena dia tau mereka hanya menginginkan uangnya. Hanya ada beberapa orang yang benar-benar dia percaya. Yaitu Julian (sekarang managernya) dan Ricky (kameramen dan teknisinya). Mereka dipertemukan oleh keadaan tertentu dan William percaya kepada kedua orang sahabatnya itu lebih dari siapapun termasuk kedua orang tuanya.

William bertemu dengan Julian sejak SMP, mereka bersahabat. Tidak seperti teman-temannya yang lain, Julian tidak harus menuntut Will macam-macam. Dia bersahabat karena mereka sama-sama suka musik. Dan Julian suka mendengar Will bernyanyi. Julian sudah membuktikan dari awal pertemanannya bahwa dia tidak menginginkan uang Will, maka Will percaya. Dan satu kelebihan Julian yang tidak bisa didapatkan Will, yaitu dia adalah orang yang humble pada semua orang dan karena itu dia memperoleh banyak teman. Will menjadi punya banyak teman juga berkat Julian. Dia seperti bisa memposisikan diri di manapun dan kapanpun keadaan berlangsung. Dan ini sangat menguntungkannya bertahun-tahun mendatang. Dia bersyukur punya teman seperti Julian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline