Lihat ke Halaman Asli

Anindya C

Bukan menulis karena menarik, melainkan menarik karena ditulis

Berharganya Centang Biru Twitter yang Justru Tak Berharga Lagi

Diperbarui: 1 Mei 2023   00:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Twitter. (sumber: businessinsider.com via kompas.com)

Per 20 April 2023, Twitter, media sosial berbasis cuitan, resmi menghilangkan centang biru bukan berbayar. 

Keputusan ini berdasar keterangan akun resmi Twitter yang disampaikan melalui cuitan hingga muncul berbagai pernyataan dari Chief Executive Officer, Elon Musk, dalam berbagai wawancara terhadap media.

CEO media sosial Twitter mengungkapkan bahwa kerasnya krisislah yang membuat perlunya centang biru berbasis langganan.

Potensi akun palsu

Akun Twitter milik Ronaldo, Beyonce, Justin Bieber, dan sederet artis ternama dunia menjadi di antara ratusan ribu akun yang dicabut centang birunya. 

Akibatnya, sebagian selebritas seperti Elton John, comedian Stephen Fry, dan model papan atas dunia Gigi Hadid memutuskan untuk menutup akun Twitter mereka sebagai bentuk protes dengan kebijakan tersebut.

Sebagai gantinya, Twitter tetap memberikan centang biru pada akun manapun yang berlangganan. Jadi, akun Twitter dengan ketenaran dan pengikut berapa pun bisa menjajal rasanya memiliki tanda centang.

Seperti yang kita ketahui, sama halnya dengan media sosial lainnya, dahulu blue tick diberikan pada akun selebritas atau pemengaruh yang terkenal sehingga warganet bisa membedakan akun resmi atau bukan. 

Oleh karena itu, akibat dari berlangganannya centang biru Twitter membuat masalah baru berupa misinformasi sampai penipuan atas nama selebritas terkenal.

Diberitakan, Martin Lewis, seorang ahli keuangan pribadi menemukan akun centang biru berlangganan yang menggunakan namanya untuk mempromosikan scam kripto kepada ribuan pengikut. Tentu, Martin menerangkan bahwa itu bukan dirinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline