Lihat ke Halaman Asli

Aninditya Suciati

Mahasiswa Uin Walisongo

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Memanfaatkan Limbah Botol Plastik Menjadi Pagar Taman TOGA

Diperbarui: 14 November 2021   15:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pengecatan dan Persiapan Limbah Botol Plastik

Semarang (30/10) Pelaksanaan program pemanfaatan limbah anorganik yaitu botol plastik yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN RDR 77 Kelompok 138 UIN Walisongo dalam rangka pembuatan Taman TOGA di Kelurahan Jatibarang mendapat respon antusias dari warga Jatibarang. Pemanfaatan limbah anorganik yang digunakan ialah botol plastik. Pengelolaan limbah botol plastik ini menjadi barang yang berguna yakni menjadi pagar tanaman obat keluarga (TOGA).

Pada masa pandemi ini, masyarakat dituntut menjaga sistem imun tubuh yang kuat. Hal tersebut dapat ditingkatkan dengan cara mengonsumsi Tanaman Obat Keluarga. Mengonsumsi tanaman herbal bisa menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan cocok dikonsumsi oleh semua golongan umur, anak-anak hingga lansia.

Pemanfaatan dari tanaman-tanaman obat tersebut sangat bermacam-macam sehingga dapat membantu kesehatan warga dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu anggota kelompok KKN  138 UIN Walisongo bernama Endah Dwi Lestari yang merangkap sebagai sekretaris kelompok dialah penyumbang limbah botol plastik yang digunakan untuk membuat pagar taman TOGA.

“Demi mengurangi botol plastik, saya bersama teman kost saya berinisiatif untuk mengumpulkan botol plastik sisa minum kami selama ini untuk dijual kepada pengepul dari pada dibuang ke tong sampah lebih baik dikumpulkan lalu dijual agar lebih bermanfaat lagi, lalu karena kelompok KKN saya membuat program kerja yang salah satunya yaitu membuat taman TOGA jadi lebih baik jika botol plastik di kost saya dimanfaatkan saja mejadi pagar taman TOGA agar lebih bermanfaat dan mengurangi limbah botol plastik.” sahut Endah.

Gambar 2. Proses Penanaman Tanaman TOGA

Yang pertama kali memiliki ide atau usulan untuk membuat Taman TOGA di area Kelurahan Jatibarang adalah Ibu Siti yang menjabat sebagai Sekretaris Lurah (Carik) beliau mengatakan “bahwa disamping Kelurahan memiliki lahan kosong lalu bagaimana jika anak KKN UIN Walisongo kelompok 138 membuat taman TOGA disitu karena tanaman TOGA banyak sekali manfaatnya untuk warga sekitar sini” ujar Beliau. 

Oleh karena itu mahasiswa KKN UIN Walisongo kelompok 138 langsung bergegas untuk menyusun dan mencari cara bagimana membuat taman TOGA. Untuk materi yang digunakan ada beberapa alat dan bahan. Diantaranya ialah limbah botol plastik, pisau, media tanam, bibit tanaman obat keluarga, cat minyak, tiner, bambu, besi, kuas cat, tampah dan lain-lain.

Langkah untuk membuatnya pun mudah. Limbah botol plastik dipotong bagian atasnya sesuai sebagaimana tinggi pagarnya lalu botol pastik dicat menggunakan cat minyak setelah kering tinggal ditanam ditanah.

Editor : Aninditya Suciati




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline