Lihat ke Halaman Asli

Modes of Hybrid Communication

Diperbarui: 23 Desember 2021   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Modes of Hybrid Communication

Penjelasan Materi Menurut Prof. Estella T. Arroyo, Ed.D.

(Dosen dari University Saint Anthony Philippines)

Ketika kita sudah memahami apa itu hybrid communication tentu di dalamnya terdapat modes of hybrid communication, hal tersebut bisa digambarkan seperti koin yang memiliki dua sisi dan sama pentingnya yaitu, sisi sinkron dan asinkron. Dimana sebuah tim harus mempunyai, keseimbangan yang tepat antara komunikasi sinkron dan asinkron yang nantinya memungkinkan mereka supaya dapat berfungsi dengan baik, tetap berhubungan selama jam kerja, dan bisa menyelesaikan proyek di mana pun mereka berada.

  • Synchronous

Komunikasi sinkron terjadi secara real-time dan dimaksudkan untuk memberikan tanggapan segera. Sebagian besar komunikasi yang berlangsung dalam pengaturan di kantor pada umumnya bersifat sinkron. Namun komunikasi sinkron ini sedikit lebih sulit untuk dipertahankan dan biasanya dilengkapi dengan lapisan perencanaan dan penjadwalan tambahan. Karena di dalam komunikasi sinkron ini bisa terjadi penjadwalan tambahan, maka komunikasi sinkron cenderung kurang populer dalam suatu kinerja antara tim satu dengan tim lainnya. Meskipun ini bisa menjadi masalah ketika anggota tim dibagi oleh beberapa zona waktu, tidak ada alasan untuk menghindari pembuatan momen sinkron dalam sebuah tim dan dapat mendukung tenaga kerja hybrid serta pertumbuhan lebih lanjut dari model kerja hybrid.

Komunikasi sinkron ini juga dapat digunakan untuk pertemuan satu lawan satu yang ditujukan untuk membahas masalah rumit atau memberi/menerima umpan balik penting, kemudian digunakan untuk perencanaan proyek yang kompleks sehingga membutuhkan perhatian yang baik, juga dapat digunakan ketika keadaan darurat atau situasi mendesak dalam sebuah perusahaan, serta berguna untuk membina hubungan yang lebih kuat di antara rekan satu tim, terutama melalui perayaan virtual atau happy hour, terakhir dapat digunakan untuk pertemuan santai di antara karyawan yang ingin tetap berhubungan bahkan setelah jam kantor.

Komunikasi sinkron dapat membantu tim jarak jauh yang jarang bertemu langsung untuk membangun kepercayaan dan keintiman. Hal tersebut dapat membantu untuk menciptakan rasa memiliki dan membuat karyawan merasa terhubung dengan karyawan lain. Adapun komunikasi dalam pengaturan di kantor yang khas adalah sinkron.

Contoh komunikasi sinkron sebagai berikut :

1. Percakapan tatap muka

2. Panggilan telepon

3. Konferensi video

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline