Lihat ke Halaman Asli

Ketika Mahasiswa Turun Gunung

Diperbarui: 21 September 2018   16:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(tjangkir.com)

Di masa-masa akhir pemerintahan Jokowi, mulai timbul riak-riak ketidakpuasan dan ketidakminatan untuk memilih kembali. Muncul pula gerakan yang dilakukan oleh mahasiswa dibeberapa tempat. Mereka serentak mengatasnamakan rakyat. Mengangkat isu-isu mulai dari harga pangan yang melejit, melemahnya nilai tukar rupiah, hingga ketidakkonsistenan pemerintah mengenai revolusi mental.

Di tengah zaman yang penuh dengan prakmatisme, tentu masih ada juga mahasiswa yang tetap memegang teguh idealisme. Setiap mahasiswa sejati yang idealis akan memihak rakyat, memihak kebenaran dan mempunyai kemurnian hati. Mahasiswa yang memihak kepada penghianat bangsa dan negara, bahkan mau-maunya ditunggangi oleh mereka adalah mahasiswa yang tak punya nurani.

Dalam setiap gerakan yang murni, mahasiswa berarti telah sepenuh hati sudi berdiri di depan, disamping, dan dibelakang rakyat. Menjadi bagian dari rakyat, karena sesungguhnya mereka juga adalah rakyat.

Sebagai orang yang masih berstatus sebagai mahasiswa, saya tetap percaya bahwa mahasiswa sejati dan idealis masih ada, masih banyak. Perihal ada pihak yang merasa diuntungkan selain rakyat, mereka adalah para keparat yang enggan keluar keringat.

Gerakan mahasiswa seharusnya dijadikan sebagai perhatian atau peringatan untuk perbaikan, bukan dianggap sebagai ancaman dari sebuah kemapanan. Dan seharusnya mahasiswa adalah kaum intelek yang mampu melihat ketidakbecusan dengan sebuah kajian, bukan berkoar-koar untuk membela yang menguntungkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline