Senin, 26 September 2022, MTsN 1 Jakarta mengadakan kunjungan dan studi banding ke MAN 2 Jakarta. Selain untuk menjalin silaturahmi, kedua madrasah juga mendapatkan manfaat melalui informasi yang diberikan. Kunjungan yang dipimpin oleh Kepala MTsN 1 Jakarta, Hj. Yeni Tri Asih, M.Pd. ini berfokus pada persiapan menuju madrasah Zona Integritas (ZI).
“Kami ingin melihat bagaimana MAN 2 Jakarta mempersiapkan seluruh eviden yang harus dipenuhi dalam ZI,” ujar Yayan, salah satu Tim ZI MTsN 1 Jakarta.
Kunjungan yang diawali dengan melihat sarana pendukung ZI, seperti ruang PTSP, kemudian melihat fitur-fitur yang sudah dibuat oleh MAN 2 Jakarta dalam rangka peningkatan kualotas pelayanan public.
Dalam dialog yang berlangsung di aula itu, Hj.Yeni Tri Asih. M.Pd. menegaskan bahwa MTsN 1 Jakarta bertekad untuk mewujudkan madrasah yang berkomitmen menegakkan Zona Integritas.
“Tidak hanya program unggulan yang diusung oleh kami, namun aplikasi program secara konsisten dan berkelanjutan yang menjadi tujuan utama ZI,” tegas Kepala MAN 2 Jakarta, Wido Prayoga, M.Pd.
Seperti diketahui, enam area perubahan yang disosialisasikan diantaranya adalah Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.
Manajemen Perubahan bertujuan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir, serta budaya kerja individu pada Satuan Kerja yang dibangun, menjadi lebih baik sesuai dengan tujuan dan sasaran pembangunan zona integritas. Penataan Tatalaksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur pada Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.
Penataan Sistem Manajemen bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme SDM, khususnya di lingkungan madrasah. Penguatan Akuntabilitas bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja madrasah. Penguatan Pengawasan bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan organisasi di lembaga madrasah. Sedangkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H