Lihat ke Halaman Asli

Ani Karlin

Mahasiswa

Perkembangan Teknologi Informasi

Diperbarui: 14 Desember 2021   21:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkembangan teknologi saat ini semakin cepat dalam membawa perkembangan di banyak bidang, salah satunya adalah teknologi informasi.

Jika kita membahas tentang teknologi informasi pasti semua sudah mengetahuinya kan, kenapa? Karena di zaman sekarang ini sudah banyak orang yang dipengaruhi oleh komponen teknologi informasi, salah satunya adalah generasi gen Z dimana yang setiap harinya hampir tidak lepas dalam penggunaan handphone. Terlebih lagi zaman sekarang yang serba online semenjak adanya pandemi.

Memang apa sih teknologi informasi itu?

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang biasanya digunakan untuk mengolah data, membuat data, memproses data, memperoleh data, menyusun data, menyimpan data dan memiliki sejumlah informasi penting. Atau bisa disebut kalau teknologi informasi juga salah satu ajang dalam mengembangkan kemampuan, merancang rencana atau bahkan memanajemen suatu kegiatan yang berbasis komputer

Selain itu, teknologi informasi mempunyai fungsi dalam mencari jalan keluar setiap masalah, meningkatkan kreativitas, efektivitas, dan efisiensi dalam aktivitas kita.

Tujuan utama dari teknologi ini adalah supaya bisa menyelesaikan masalah, meningkatkan kreativitas, efektivitas, dan juga efisiensi seseorang dalam melakukan pekerjaan. Jadi, teknologi tersebut dibuat dengan berdasarkan kebutuhan manusia saat ini. Dengan adanya teknologi informasi sangat memudahkan pekerjaan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya dan juga akan membuatnya menjadi lebih efisien dan lebih mudah.

Selanjutnya kita akan membahas hal utama pada artikel kali ini yaitu perkembangan teknologi yang dimana perkembangan teknologi sendiri yakni perubahan sistematis yang sudah ribuan tahun dikenal oleh manusia, hanya saja di zaman dahulu alat komunikasinya hanya berjarak pendek tidak seperti dengan masa sekarang yang bisa mengirim pesan secara cepat dan singkat walaupun kita jauh dengan orang tersebut.

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, masyarakat Indonesia sudah banyak melakukan pengangkatan dan perkembangan teknologi dari luar negeri. Mulai dari gadget, internet, komputer, laptop, dan masih banyak teknologi lainnya sebagai sesuatu yang mampu memudahkan aktivitas kita di setiap harinya,

Ketika membicarakan tentang teknologi, tentunya manusia sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari ketergantungan terhadap orang lain yang membutuhkan informasi dan interaksi dengan lingkungan. Dimana seiring berjalannya waktu dan majunya teknologi membuat kita sebagai makhluk sosial menjadi lebih mudah untuk mengetahui informasi dari media-media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, Youtube dan sosial media lainnya.

Selain itu, di masa sekarang ini peranan teknologi informasi semakin penting karena banyak manusia yang menggunakan handphone maupun komputer atau laptop untuk berkomunikasi. Namun hal ini juga harus diimbangi dengan kesadaran dalam menggunakan teknologi yang berkembang saat ini untuk kepentingan yang positif sehingga perkembangan teknologi informasi di Indonesia cukup berkembang.

Adapun perubahan tren dalam perkembangan teknologi informasi sekarang ini, yaitu:

  • Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
  • Memanajemen Data
  • Social Gaming
  • Internet TV
  • Mobile Payment
  • Body Motion Sensor
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline