Lihat ke Halaman Asli

Apa yang Menjadikan Demokrasi Itu Penting?

Diperbarui: 6 Juni 2021   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Suatu negara membutuhkan adanya demokrasi, khususnya di negara Indonesia ini karena demokrasi tersebut memiliki berbagai kelebihan dalam masyarakat umum di negara itu sendiri. Seperti halnya di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan lainnya yang juga memerlukan adannya demokrasi. Dengan adannya demokrasi maka akan banyak hal yang mendapatkan sisi positifnya meskipun dalam demokrasi akan tetap ada sisi negatifnya. Meskipun dua sisi ini akan beriringan, demokrasi tetaplah akan selalu dibutuhkan di lingkungan manapun, sehingga memperlihatkan seberapa pentingnnya demokrasi itu.

Demokrasi menjadi bagian dari sistem pemerintah di Indonesia karena demokrasi sendiri sangat berhubungan dengan Pancasila yang merupakan pedoman dan pilar ideologi negara Indonesia. 

Mengapa demokrasi berhubungan dengan Pancasila? Demokrasi berhubungan dengan Pancasila karena dengan adanya demokrasi akan membentuk hal-hal baik yang sama maknanya dengan isi Pancasila. 

Contoh dari hubungan demokrasi dengan Pancasila di Indonesia, seperti sama-sama memiliki arti tentang keadilan (tidak memihak salah satu diantaranya) karena setiap rakyat Indonesia memiliki kesetaraan, sama-sama memiliki arti setiap rakyat Indonesia haruslah saling menghargai satu dengan yang lain tanpa membeda-bedakan serta sama-sama memiliki arti setiap rakyat Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Apa yang membuat demokrasi itu lebih penting? Demokrasi menjadi lebih penting karena rakyat di Indonesia sangatlah membutuhkan adannya demokrasi agar dirinnya tidak disepelekan oleh orang lain. Hal ini juga agar setiap warga negara Indonesia sadar menjalankan kehidupan yang lebih baik lagi tanpa adanya tekanan di hidupnnya. 

Di Indonesia dalam berdemokrasi memiliki dua cara, yaitu yang pertama demokrasi langsung yang di mana setiap warga negara Indonesia dapat ikut serta dalam proses pembuatan keputusan atau Undang-Undang. Yang kedua ialah demokrasi tidak langsung di mana ketika pada proses pembuatan keputusan atau Undang-Undang setiap warga negara dalam keikutsertaannya akan diwakilkan oleh perwakilan dari rakyat, seperti Dewan Perwakilan Rakyat. Dua hal tersebut yang sering dijumpai di negara Indonesia dalam melakukan demokrasi untuk kebaikan bersama.

Demokrasi dalam perjalanannya akan memunculkan banyak dampak positif kepada masyarakat di Indonesia, antara lain menciptakan sikap saling menghargai antara satu dengan yang lainnya, menjadikan kehidupan lebih damai, rukun, tenang serta nyaman tanpa adanya kehancuran, permusuhan serta perkelahian. 

Selain itu juga akan menciptakan keadilan yang nyata tetap netral dalam mengadapi suatu permasalahan yang ada, sehingga permasalahan dapat diselesaikan secara adil tanpa meihak, hal terebut karena setiap warga negara memiliki kesetaraan tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lain. Dampak lainnya, yaitu pemerintahan dapat menghargai pendapat maupun saran dari rakyat, lalu agar pemerintah tidak dapat seenaknnya sendiri terhadap rakyat dan rakyat juga dapat merasa dihargai pendapat maupun sarannnya, sehingga mendapat keputusan yang tepat secara bersama. Hal-hal tersebut merupakan beberapa alasan yang menjadikan demokrasi itu penting.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline