Lihat ke Halaman Asli

Anik Lestariningrum

Dosen PG-PAUD FKIP UNP Kediri

Parenting Konsep Pembelajaran PAUD Berorientasi Nilai Karakter Era Digital

Diperbarui: 14 Juli 2022   13:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Yayasan Siti Chotidjah yang menaungi Raudlatul Athfal Siti Chotidjah terus bergerak mengembangkan diri dalam selama kurun waktu 2, 5 tahun ini. Menjelang tahun ajaran 2022/2023 bersamaan dengan pertemuan pertama wali murid yang terdaftar dilakukan kegiatan pertemuan orang tua dilanjutkan dengan parenting yang mengusung tema: "Konsep Pembelajaran PAUD Berorientasi Nilai Karakter Era Digital". Tujuan pemilihan tema ini untuk memberikan pemahaman, wawasan dan pengetahuan kepada seluruh wali murid agar nantinya apa yang diharapkan satuan pendidikan selaras, seirama dengan pendampingan belajar yang dilakukan di rumah sesuai prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini.

Hasil dialog langsung dengan wali murid yang hadir sebagian besar menyebutkan mendaftarkan putra putrinya untuk mendapatkan layanan secara pembelajaran agama lebih banyak serta mendengar dari orang lain yang pernah menitipkan pendidikan putra putrinya di bawah naungan  Yayasan Siti Chotidjah tumbuh kembang anak dilakukan dengan baik. Tantangan ini akan menjadi target program kerja yang prioritas supaya kepercayaan yang diberikan dapat memberikan pelayanan sesuai kondisi dimana proses pembangunan gedung terus berjalan setapak demi setapak.

Acara di buka langsung oleh Ketua Yayasan yang menyadari bahwa sarana prasarana masih akan terus ditingkatkan dan mengharapkan partisipasi orang tua dengan jumlah peserta didik semakin meningkat tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit dalam memmenuhi seluruh kebutuhan hal ini karena biaya pendidikan di RA ini dibuat seminimal mungkin agar tidak memberatkan masyarakat. Meskipu biaya terjangkau tetapi kualitas layanan akan diberikan sesuai visi, misi sekolah yang sudah diprogramkan. Setelah itu kepala sekolah RA Siti Chotidjah juga mengharapkan terbentuknya paguyupan orang tua dimulai hari ini setelah pembagian kelas dan pembagian alat/bahan sekolah yang diterima orang tua. Parenting ini juga diselipkan agar apa yang diprogramkan sekolah dapat dilakukan tindakan kerjasama dengan orang tua selama anak di rumah.

Pemateri parenting yaitu Dr. Anik Lestariningrum, M.Pd menyampaikan konsep pembelajaran PAUD yang melalui pembiasaan, kegiatan bermain diharapkan dipahami oleh orang tua sehingga tidak memiliki harapan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung seperti ketika anak duduk di bangku sekolah tinggi. selain itu anak membutuhkan tuntunan bukan tontonan. Poin yang disampaikan oleh pemateri adalah :

1. Bermain pada anak usia dini itu belajar dalam tahapan berpikirnya

2. Kerjasama orang tua dan sekolah dalam hal penananam karakter

3. Pemahaman orang tua tentang komitmen penggunaan gadget pada anak

4. Pemahaman tentang manfaat dan dampak gadget dalam proses pembelajaran anak usia dini

5. Keteladanan orang tua adalah utama, anak sebagaian besar waktunya di rumah

6. Komunikasi dengan guru di sekolah harus intensif agar mengetahui tumbuh kembang anak secara berkelanjutan

Berikut adalah dokumentasi kegiatan yang dilakukan di RA Siti Chotidjah pada Kamis, 14 Juli 2022:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline