Lihat ke Halaman Asli

Anik Sry

Learning long live, Stay humble, God always bless us

Kendali Emosi

Diperbarui: 9 Agustus 2022   22:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source:google

Kata kendali sangat luas maknanya . Menurut saya kendali merupakan upaya untuk mengatur  sesuatu hal.  Sering  kata kendali  dipakai dalam kehidupan kita sehari - hari.  Salah satu  contoh dalam frase  "kendalikan emosi". Kendalikan emosi merupakan mengatur atau mengontrol emosi.  Yang artinya emosi sendiri adalah luapan yang terjadi sesaat dan bisa berhenti sewaktu-waktu. 

Dalam kehidupan sehari - hari kita dituntut untuk mengendalikan emosi kita. Walaupun mengendalikan emosi itu tidak mudah sebagaimana  membuka telapak tangna kita. Bisa dikatakan gampang-gampang susah. 

Tetapi kita harus berusaha untuk mengendalikan /mengontrol emosi kita.  Dalam belajar mengendalikan emosi, kita perlu belajar tahap demi tahap. Sebagian besar terlihat pada orang yang mempunyai mental dan keimanan yang kuat bisa mengendalikan emosi walaupun tidak 100 persen. Karena kodratnya manusia adalah tidak luput dari salah, kesempurnaan adalah hanya milik Allah.

Misal ada seseorang yang menyakiti perasaan atau berbuat dzolim  kepada kita, pasti nya kita sangat marah, benci, dan kecewa pada orang tersebut. Tetapi kita harus.berusaha untuk       mengendalikan emosi kita dengan  banyak berlatih dengan banyak diam. Selain diam juga kita harus mengalah. Mengalah bukan kalah, tapi untuk tidak menambah suasana jadi panas.. Diam dengan membaca istighfar (bagi yang beragama islam) mohon ampunan kepada Tuhan sang maha pencinta serta mendokan agar hati yang mendzolimi dapat hidayah dan diampuni.

Walaupun tidak mudah untuk mengendalikan emosi, namun semoga kita dapat mengendalikan emosi disetiap keadaan.  

Salam pena

Anik Sry




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline