Lihat ke Halaman Asli

kisah Luar Biasa Utsman Bin Affan

Diperbarui: 16 April 2023   12:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

25 Ramadhan

Kisah luar biasa Utsman bin Affan

 

            Pada zaman dahulu di sebuah kota bernama Madinah terjadi kemarau yang sangat Panjang, sehingga sangat susah untuk manusia menemukan air, sawah-sawah kekeringan, tanaman pun mati karena tidak ada air yang menyirami. Tetapi ada satu sumur yang begitu banyak airnya, jika ingin mengambil air di sumur tersebut maka harus membayar dengan uang yang sangat mahal.

            Ekonomi kaum Madinah pada saat itu tidak stabil, apalagi harus membeli air tersebut dengan harga yang sangat mahal. Berita ini sampai di telinga Rasulullah saw, Rasulullah memerintahkan para sahabatnya untuk mencari siapa pemilik dari sumur tersebut, ternyata pemilik sumur tersebut ialah orang yahudi.

            Rasulullah saw tidak tega melihat umatnya sengsara, kelaparan, karena memang air adalah salahsatu sumber kehidupan. Akhirnya Rasulullah mengumumkan kepada sahabat dan bertanya :

"siapakah yang sanggup untuk membeli sumur tersebut?"

" saya sanggup Ya Rasulullah" kata Ustman.

Rasulullah mengangguk dan berkata "silahkan temui dia"

Ustman bin Affan adalah seorang sahabat Rasulullah sekaligus menantu beliau, bahkan beliau juga setia mendampingi dakwah Rasulullah sampai mendapatkan gelar "Dzunnurain"  artinya dua cahaya yang berarti pemilik dari dua cahaya yaitu 2 putri Rasulullah, ya beliau menikahi 2 putri Rasulullah yaitu Ummu kultsum dan Ruqayah.

Utsman bin Affan menemui si pemilik sumur tersebut bermaksud ingin membeli sumur miliknya, tetapi si pemilik tersebut menolak dengan alasan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline