Lihat ke Halaman Asli

Peringatan Nuzulul Qur'an ala Santri Darul Muawanah

Diperbarui: 8 April 2023   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Ramadhan 17

Peringatan Nuzulul Qur'an ala Santri Darul Muawanah 

17 Ramadhan memang sudah tidak asing di telinga umat islam, iya di tanggal itulah peristiwa Al-qur'an diturunkan.

Nuzulul quran berasal dari Bahasa Arab yakni nazala yang artinya turun, kata nuzulul qur'an sudah menjadi kata Bahasa Indonesia yang mengarah pada bulan diturunkannya al-Qur'an yakni bulan Ramadhan.

Banyak hal ataupun kegiatan yang dilakukan umat islam apalagi di pondok pesantren, bahkan mungkin hampir seluruh pondok mengadakan acara untuk memperingati nuzulul qur'an, salahsatunya peringatan nuzulul qur'an ala santri pondok pesantren Darul Muawanah.

Iya pada hari ini 17 Ramadhan seluruh santri pondok pesantren darul muawanah konsentrasi dengan bacaan al-qur'an, dari mulai jam 07.00 pagi sampai jam 15.30 seluruh santri berdiam diri di masjid untuk mendengarkan bacaan al-qur'an dari masing-masing santri, hal ini dilakukan untuk mengasah kemampuan santri dalam membaca al-qur'an, selain itu juga santri Pondok pesantren Darul Muawanah sudah biasa dengan persyaratan sebelum pulang harus menghatamkan al-qur'an oleh seluruh santri.

 Hari ini baru sampai juz 6 dan akan dilanjutkan besok dan beberapa hari ke depan sampai khatam 30 juz, baru seluruh santri bisa mendapatkan izin pulang. Berbagai macam kebijakan para kiyai dalam menghadapi kepulangan santri menjelang idul fitri ini.

Inilah kebiijakan yang digunakan pak  kiyai di pondok pesantren Darul Muawanah menghadapi liburan santri menjelang idul fitri kali ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline