Lihat ke Halaman Asli

5 Keistimewaan Orang yang Berpuasa

Diperbarui: 3 April 2023   08:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Ramadhan 12

5 keistimewaan orang yang berpuasa 

Pada hari ini Senin, 3 April 2023 tepatnya tanggal 12 Ramadhan 1444 H saya mengikuti pengajian kuliah subuh di masjid Darul Muawanah Dsn Jontor rt 01 rw 04 Margajaya, Sukadana Ciamis.

Pagi ini materi yang disampaikan begitu ringkas tetapi sangat lugas dan membekas, disampaikan oleh Bpk Ajidin, S.Pd.I sebagai penceramah di hari ini beliau mengungkapkan ada 5 keistimewaan orang yang  berpuasa, hal ini  beliau kutip dari sebuah kitab yang berjudul Mukhtarr Al-Hadits,

Nah apa saja 5 keistimewaan orang yang berpuasa?

1. Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah

Ketika berpuasa jasmani kita istirahat dari makan dan minum otomatis tenaga berkurang, tetapi rutinitas harus tetap sama. Lelah, letih, lesu pasti akan dirasakan oleh orang yang berpuasa, bagaimana cara mencash diri kita supaya tetap semangat? Ya istirahat...tidak ada salahnya kita mengistirahatkan diri dan jiwa kita sejenak dengan tidur siang. Tetapi tidur disini juga jangan berlebihan, mentang-mentang sedang puasa akhirnya seharian dipakai untuk tidur..hehe...bukan itu yang di maksud tetapi daripada kita melakukan hal-hal yang buruk dalam keadaan kita sedang berpuasa lebih baik adalah tidur yang sudah pasti tidurnya kita adalah ibadah

2. Diamnya mulut orang yang berpuasa adalah tasbih

Mulut senantiasa terus berkomat-kamit baik obrolan yang baik ataupunn yang jelek, kita tidak bisa menghalangi mulut supaya tidak bisa bicara, karena memang inilah tugas mulut. Tetapi mulut pun harus senantiasa dijaga jangan sampai mengeluarkan kata-kata yang tidak baik atau malah di pakai untuk memfitnah, menggunjing orang dan lain sebagainya, apalagi kondisi kita sedang berpuasa.

Nah dalam kondisi kita yang sedang berpuasa ini kita harus bisa mengerem mulut supaya tetap diam, daripada mulut sibuk mengghosip alangkah lebih indah dan mulia jika mulut ini diam dan hati terpaut dengan terus mengucapkan Tasbih.

3. Beramalnya orang berpuasa itu pahalanya dilipatgandakan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline