Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Kemampuan Digital Guru SDN Pamotan Melalui Pelatihan Platform Ujian Online

Diperbarui: 25 Agustus 2021   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Pendidikan menjadi salah satu ujung tombak dalam membentuk karakter dan menyiapkan masa depan generasi muda dari masa ke masa. Peran sekolah sangatlah vital dalam menjembatani siswa untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakatnya. Hal ini dilakukan pendidik dengan menerapkan pembelajaran yang berkualitas ketika disekolah. 

Namun, kondisi yang terjadi saat ini menjadikan pendidik harus berpikir ekstra untuk tidak mengurangi kualitas pengajaran sebagai bagian dari adaptasi terhadap pandemic covid-19. Adanya bencana pandemic saat ini mengharuskan seluruh sektor untuk membatasi kegiatan yang dilakukan secara tatapmuka atau offline. 

Hal ini dikarenakan banyaknya peningkatan kasus positif covid-19 yang terus meningkat. Dari kondisi seperti itu, tidak menyurutkan semangat Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Malang yang beranggotakan Adilah Fajrin Daffa, Riski Nabilla Ghandi, dan Anif Fatimatus Sholichah untuk tetap melakukan kewajiban tri dharma perguruan tinggi dengan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. 

Pengabdian ini dilakukan pada hari senin tanggal 2 agustus 2021 bertempat di SDN Pamotan Kecamatan Porong. Ibu siti selaku perwakilan guru yang mewakili ibu Aniswati, M.Pd. sebagai kepala sekolah mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi mengenai media pembelajaran sangat penting dilakukan terlebih pada saat pandemic saat ini.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan mengangkat tema tentang pelatihan platform ujian online pada guru di SDN Pamotan kecamatan porong. 

Hal ini bertujuan untuk berbagi informasi pada guru tentang platform-platform yang efektif digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring meliputi quiziz, google form, kahoot, google meet, dsb. 

Terutama pada pelaksanaan ujian yang dilakukan siswa dirumah masing-masing menjadikan sangat rentan untuk melakukan kecurangan. Maka dari itu penggunaan platform ujian yang tepat sangat penting untuk menjamin kejujuran dan kedisiplinan peserta didik. 

Sebanyak 10 guru SDN Pamotan turut menghadiri acara pelatihan platform ujian online ini. Dari guru yang masih berusia muda sampai guru yang cukup senior dalam mengajar. Antusiasme guru yang tergabung dalam acara ini terbilang cukup tinggi, pasalnya semua guru yang hadir ikut serta dalam praktik membuat media pembelajaran melalui quiziz.

Setelah terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di SDN Pamotan ini, diharapkan dapat memberikan informasi dan gambaran mengenai aplikasi atau platform yang efektif digunakan sebagai media pembelajaran daring. 

Selain itu, para guru yang terlibat diharapkan dapat menerapkan beberapa media baru yang belum diterapkan sebelumnya. Dengan begitu, ini akan memberikan semangat baru bagi siswa dalam belajar secara daring dari rumah masing-masing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline