Lihat ke Halaman Asli

Anidya Herniati

Universitas PGRI Yogyakarta

Topik 2 Koneksi Antar Materi Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 9 Februari 2024   11:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Topik 2 Koneksi Antar Materi Pembelajaran Berdiferensiasi

 1. Pengetahuan baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari topik ini? 

Dalam topik ini saya mendapatkan ilmu terkait berbagai macam diferensiasi dalam pembelajaran. Diferensiasi dibagi menjadi empat yaitu diferensiasi produk, diferensiasi proses, diferensiasi konten, dan diferensiasi lingkungan belajar. 

  • Diferensiasi konten. Diferensiasi konten berkaitan dengan perbedaan bahan ajar materi yang diajarkan kepada peserta didik sebagai tanggapan dari kesiapan belajar, minat, dan profil belajarnya (visual, audio, audio visual, kinestetik) atau bahkan bisa kombinasi dari ketiganya. 
  • Diferensiasi produk. Diferensiasi pada produk berupa variasi hasil dari tugas pembelajaran, atau variasi untuk penilaian hasil belajar peserta didik. Tugas dan penilaian untuk masing-masing peserta didik dibuat beragam namun masih tetap mengacu pada tujuan pembelajaran yang sama. 
  • Diferensiasi proses. Diferensiasi proses berkaitan dengan perbedaan proses pembelajaran dengan memvariasikan waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, dan menggunakan pengelompokan sesuai level kemampuan peserta didik. 
  • Diferensiasi lingkungan belajar. Diferensiasi lingkungan belajar yaitu memberikan variasi tempat belajar peserta didik. Misalnya pembelajaran di lakukan di taman, di perpustakaan, dan perubahan letak tempat duduk di kelas. 

2. Bagaimana pengetahuan baru tersebut berkontribusi terhadap pemahaman tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?

 Dengan pengetahuan baru mengenai berbagai macam diferensiasi tersebut saya sekarang dapat memahami terkait diferensiasi lebih dalam. Ternyata diferensiasi tidak hanya tentang membedakan peserta didik, namun juga ternyata terkait bahan ajar, produk yang dihasilkan, proses belajar, dan bagaimana lingkungan peserta didik dalam pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi benar-benar berpihak kepada peserta didik karena segalanya menyesuaikan dengan kebutuhan dan level kemampuan peserta didik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline