Lihat ke Halaman Asli

Ani Apriyani

Universitas Pendidikan Indonesia

Kegiatan Pembelajaran Huruf Hijaiyah yang Menyenangkan Menggunakan Powerpoint Interaktif

Diperbarui: 25 Agustus 2023   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Media merupakan alat yang dapat digunakan sebagai perantara dalam menstimulasi semua aspek perkembangan pada anak usia dini baik aspek nilai moral dan agama, aspek fisik motorik, aspek bahasa, aspek sosial emosional, aspek kognitif maupun aspek seni. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu game edukasi. Game edukasi ini sangat menarik untuk dikembangkan karena memiliki keunggulan yang signifikan pada visualisasinya. Media game edukasi yang digunakan tentunya melalui aplikasi power point. Power point  yang digunakan bersifat  interaktif  sehingga  sangat  memudahkan  guru  untuk  dimanfaatkan  sebagai  media  belajar  anak.  Sesuai dengan penelitian yang dilakukan  oleh  Susilo (2016).

Pada hari Rabu 16 Agustus 2023 penulis membuat powerpoint interaktif berupa pengenalan huruf hijaiyah dan diimplementasikan kedalam salah satu program kerja. Kegiatan ini dilakukan oleh 5 orang anak usia 5-6 tahun, dilakukan pada pukul 13:00 dilaksanakan di Mushola Al-Ikhwah RT 11 Kampung Sampang, Desa Susukan, Kecamatan Tirtayasa.

Adapun bagian-bagian rancang bangun game edukasi tersebut yaitu bagian opening. Bagian 1 berisi judul game edukasi dan identitas penulis. Bagian 2 tujuan pembelajaran. Bagain 3 penampilan pemilihan untuk anak antara bermain atau belajar.  Bagian 4 yaitu bermain yang berisi pengenalan huruf-huruf hijaiyah. Bagian 5 sampai 9 yaitu belajar yang berisi penebakan huruf hijaiyah. Dan bagian 10 penutup yaitu ucapan terimakasih.

Pengembangan game edukasi berbasis power point interaktif  ini memiliki nilai validitas yang sangat tinggi, untuk itu kepada guru dapat menggunakan game edukasi berbasis power point ini sebagai media dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat menunjang pembelajaran guna mengoptimalkan proses pembelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline