Lihat ke Halaman Asli

Angly M Sae

Guru dan Penulis

Apa Itu Pemahaman Konsep?

Diperbarui: 6 Februari 2023   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pemahaman konsep. Sumber: Freepik/Canva

Pemahaman konsep merupakan kompetensi yang ditujukan agar siswa mampu menjelaskan keterkaitan antar konsep dan menjalankan suatu prosedur dengan luwes, tepat sasaran, efesien, dan akurat. Selain itu, pemahaman konsep didefinisikan sebagai kemampuan siswa menjelaskan suatu keadaan dengan kalimat berbeda dan dapat menerjemahkan atau mengambil kesimpulan dari sebuah data.

Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa menguasai sejumlah materi dan mengungkapkanya kembali dalam bentuk berbeda sehingga mudah dipahami serta mampu menerjemahkan data. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa menjelaskan materi dan keterkaitan antar materi dengan bahasanya sendiri sehingga mudah dimengerti, diterapkan dalam keseharian, menjalankan suatu prosedur dengan luwes, tepat sasaran, efesien, dan akurat, serta mampu menerjemahkan data dengan baik.

REFERENSI

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui realistic mathematic education berbantu alat peraga bongpas. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, I(1), 14-20.

Sari, E. F. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa melalui metode pembelajaran learning starts with a question. Mosharafa, VI(1), 25-35.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline